Kompas.com - 04/08/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Pekan seni rupa internasional Art Jakarta akan kembali digelar tahun ini. Art Jakarta 2022 akan digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta pada 26-28 Agustus 2022.

Dikutip dari situs resminya, Art Jakarta merupakan pameran seni yang fokus pada Asia Tenggara dan diselenggarakan untuk merangsang para pemangku kepentingan di Asia yang berkaitan dengan seni kontemporer.

Baca juga:

"Pada era pascapandemi, ketika normal baru belum sepenuhnya normal, pekan seni internasional unggulan menghadapi beragam tantangan. Namun, saya dan tim percaya diri bahwa pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia, siap untuk menyambut pekan seni ini," ucap Direktur Art Jakarta, Tom Tandio, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (04/08/2022).

Pada akhir 2020, Art Jakarta hadir secara virtual selama empat bulan karena diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. Ini menjadi pengingat bahwa seni terus berkembang, bahkan ketika situasi sulit.

Baca juga: 10 Kafe Rooftop di Jakarta Selatan, Banyak Tempat Foto Instagramable 

Sementara pada April 2022, pameran tersebut hadir dengan konsep baru lain, yakni Art Jakarta Gardens yang diselenggarakan di ruang terbuka Hutan Kota by Plataran, Jakarta.

An Ardent Yearning, karya Roby Dwi Antono dalam Art Jakarta Gardens 2022 di Hutan Kota by Plataran, Kamis (7/4/2022).KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG An Ardent Yearning, karya Roby Dwi Antono dalam Art Jakarta Gardens 2022 di Hutan Kota by Plataran, Kamis (7/4/2022).

Art Jakarta Garden menitikberatkan karya seni patung dan instalasi yang ditempatkan di lingkungan taman bersama 20 booth galeri seni terkemuka Indonesia yang memamerkan karya-karya baru seniman andalan masing-masing.

Baca juga:

Beberapa segmen pameran yang bisa ditemukan pada Art Jakarta 2022 antara lain:

  • Karya seniman lintas negara

Segmen utama Art Jakarta akan terdiri dari 62 galeri, dengan 39 galeri seni dari Indonesia dan 23 galeri seni dari mancanegara, yakni negara-negara Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang.

Ada pula segmen baru AJ1 yang merupakan galeri internasional untuk menyajikan pameran solo terkurasi bagi seniman di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya.

  • Bali Art Scene

Secara khusus, Art Jakarta menghadirkan galeri dari Bali, kawasan yang dinilai sangat terdampak oleh pandemi selama sekitar dua tahun terakhir.

Di sana, akan dihadirkan karya-karya para seniman kontemporer asal Bali.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

  • Art Jakarta NFT

Ini adalah segmen yang dipersembahkan untuk karya seni NFT dan komunitas NFT. Konsep ini diperkenalkan saat Art Jakarta Gardens dan rencananya akan diperluas dan menjadi skala yang lebih besar.

Tujuannya, agar para kolektor karya seni konvensional dan NFT bisa saling berinteraksi.

Halaman:
Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.