Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Bandara Yogyakarta Tambah Kapasitas Penumpang hingga 120 Persen

Kompas.com - 06/08/2022, 14:48 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport melayani lebih banyak penumpang dengan kapasitas menjadi 120 persen, mulai Sabtu (6/8/2022).

Penumpang kereta api dapat menggunakan 240 tempat duduk yang tersedia, serta diperbolehkan berdiri dengan kapasitas 20 persen untuk satu kali perjalanan. 

“Kami berharap dengan naiknya kapasitas menjadi 120 persen, kami dapat melayani lebih banyak penumpang dan masyarakat semakin antusias dalam menggunakan transportasi umum sebagai penunjang untuk melakukan mobilitas sehari-hari," kata Direktur Utama PT Railink, Anggoro Triwibowo, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu.

Baca juga:

Adapun saat ini KA Bandara YIA tercatat melayani sebanyak 20 perjalanan setiap harinya.

Penumpang dapat menikmati layanan di Stasiun KA Bandara Yogyakarta, Stasiun KA Bandara Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA.

Jadwal keberangkatannya adalah pukul 05.00 WIB, 07.20 WIB, 08.09 WIB, 08.59 WIB, 10.19 WIB, 10.55 WIB, 12.55 WIB, 14.02 WIB, 16.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Sementara itu, jadwal keberangkatan dari Stasiun KA Bandara Yogyakarta International Airport yaitu pukul 06.11 WIB, 08.07 WIB, 09.25 WIB, 10.07 WIB, 11.10 WIB, 11.57 WIB, 14.00 WIB, 15.10 WIB, 17.50 WIB, dan 19.15 WIB. 

Baca juga: Cara Check In di Bandara YIA Kulon Progo Yogyakarta

Harga tiket KA bandara masih sama

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sebagai salah satu moda transportasi dari dan ke bandara bagi masyarakat saat berkunjung ke Yogyakarta, harga tiket KA bandara masih sama.

"Harga tiket masih tetap sama yaitu Rp 20.000 untuk relasi Stasiun KA Bandara Yogyakarta-Stasiun KA Bandara YIA, atau sebaliknya, dan untuk relasi Stasiun KA Bandara YIA-Stasiun Wates maupun sebaliknya," ujar Anggoro.

Sementara itu, tarif untuk relasi Stasiun KA Bandara Wates-Stasiun KA Bandara Yogyakarta, atau sebaliknya adalah Rp 10.000.

Baca juga: KA Bandara YIA Resmi Beroperasi, Jarak Tempuh ke Kota Yogyakarta Lebih Cepat

Tiket KA Bandara dapat dibeli melalui sejumlah kanal pembelian tiket baik secara daring maupun luring. Pembelian secara online bisa lewat aplikasi KA Bandara, situs web Railink, dan aplikasi KAI Access.

Jika ingin membeli secara offline, calon penumpang bisa melakukannya di vending machine dan meja informasi stasiun, dengan metode pembayaran tunai dan non-tunai.

"Kami juga mengimbau kepada pengguna KA Bandara YIA untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dengan mematuhi marka yang sudah disediakan dan scan pedulilindungi saat memasuki area stasiun KA Bandara YIA," pungkasnya.

Baca juga: Kereta Bandara Railink Layani Penumpang dari Bandara YIA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com