Kompas.com - 08/08/2022, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Hong Kong memangkas durasi karantina hotel bagi pelaku perjalanan, dari semula tujuh hari menjadi tiga hari. Aturan baru ini mulai diterapkan Jumat (12/08/2022).

Dikutip dari CNBC, pemangkasan durasi karantina dilakukan seiring dengan pelonggaran aturan Covid-19 yang diberlakukan negara tersebut sekaligus menyeimbangkan penghidupan masyarakat dan daya saing Hong Kong dalam hal ekonomi.

"Karantina hotel tujuh hari akan diubah menjadi tiga hari, ditambah empat hari pengawasan medis di rumah," ungkap Chief Executive Hong Kong, John Lee dalam sebuah konferensi pers, Senin (08/08/2022).

Baca juga: 10 Kota Termahal di Dunia 2022, Didominasi Kota di Asia

Sementara itu, Sekretaris Kesehatan Pemerintah Hong Kong, Lo Chung-mau mengatakan, jika sudah mendapatkan hasil tes negatif Covid-19 pagi hari pada hari ketiga karantina hotel, mereka akan diperbolehkan meninggalkan hotel karantina dan melanjutkannya dengan isolasi mandiri. Namun, masih dengan pembatasan aktivitas.

Dikutip dari Hong Kong Free Press, Lo Chung-mau secara rinci menjelaskan mengapa Hong Kong memilih durasi karantina tiga hari.

Ia menambahkan, berdasarkan tren kasus impor, 80 persen kasus infeksi terjadi pada hari ketiga.

"Artinya, tujuh malah di hotel karantina dianggap tidak efektif dari segi biaya dan akan memengaruhi hubungan Hong Kong dengan dunia," ujarnya, seperti.

Baca juga: 10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara 2022, Ada Dua dari Indonesia

Pengawasan empat hari

Setelah menyelesaikan karantina hotel, pelaku perjalanan bisa melanjutkannya dengan karantina mandiri di rumah atau hotel dengan pengawasan medis selama empat hari.

Selama periode tersebut, mereka boleh meninggalkan tempat tinggal, tapi akan diberi kode kuning (yellow code) sehingga aksesnya terbatas untuk tempat yang memerlukan pemeriksaan status vaksinasi.

Baca juga: 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2022, Ada dari Asia

Tempat tersebut termasuk bar, pub, gym, dan tempat perawatan kecantikan. Mereka juga tidak diperbolehkan mengunjungi tempat pelayanan kesehatan dan sekolah selama periode pengawasan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.