Kompas.com - 08/08/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Penerapan tarif masuk ke kawasan wisata Pulau Komodo dan Pulau Padar di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sebesar Rp 3,75 juta, ditunda hingga 1 Januari 2023. 

"Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan dispensasi selama lima bulan ke depan atau tetap berlaku tarif lama masuk Pulau Komodo maupun Pulau Padar. Pemberlakuan tarif baru sebesar Rp 3,75 juta mulai berlaku pada 1 Januari 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Zeth Sony Libing, dikutip dari Antara, Senin (8/8/2022).

Baca juga:

Zeth menjelaskan, tarif masuk yang berlaku pada bulan Agustus hingga Desember 2022 adalah tarif lama. Besarnya mulai dari Rp 75.000 untuk wisatawan nusantara dan Rp 150.000 untuk wisatawan mancanegara.

"Pemberian dispensasi ini merupakan atas saran dan masukan dari berbagai pihak, termasuk arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo," tuturnya.

Pemerintah Provinsi NTT, lanjutnya, juga tetap memperhatikan saran dari berbagai pihak, termasuk Bapa Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, para alim ulama, para pendeta, dan para tokoh masyarakat.

Baca juga: Biaya Masuk TN Komodo Naik 1 Agustus, Bagaimana Jika Sudah Beli Tiket?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selama lima bulan ini, Pemerintah Provinsi NTT akan menyiapkan sejumlah fasilitas dan infrastruktur di Pulau Komodo dan Pulau padar.

Selain itu, pihaknya juga akan menggencarkan kegiatan sosialisasi dengan berbagai pihak, termasuk dari kalangan gereja dan para tokoh masyarakat, terkait tarif masuk yang baru sebesar Rp 3,75 juta. 

Wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Komodo dan Pulau Padar mulai 1 Januari 2023 bisa mendaftar melalui aplikasi INISA.

Baca juga:

"Para wisatawan yang ingin melakukan pembelian tiket masuk ke Pulau Komodo dan Padar sudah bisa dilakukan saat ini untuk pelaksanaan kunjungan wisata mulai Rp 1 Januari 2023," ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (29/7/2022), bahwa tarif masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo sebesar Rp 3,75 juta rencananya akan diterapkan mulai Senin (1/8/2022).

Baca juga: Pembatasan Pengunjung TN Komodo Hanya di 2 Pulau

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.