Kompas.com - 08/08/2022, 15:19 WIB

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Cianjur di Jawa Barat, khususnya ke tempat wisata alam di wilayah utara dan selatan, mengalami kenaikan hingga 50.000 orang setiap akhir pekan.

"Sebelumnya angka kunjungan tertinggi setiap akhir pekan dari seluruh destinasi wisata berkisar antara 20.000 sampai 25.000 wisatawan, namun sepanjang bulan Juli jumlahnya meningkat hingga 50.000 setiap akhir pekan," terang Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Pratama Nugraha, dikutip dari Antara, Senin (8/8/2022).

Baca juga:

Menurutnya, kenaikan jumlah kunjungan wisatawan asal Jabodetabek paling banyak terlihat di beberapa tempat wisata, antara lain Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, dan bumi perkemahan di wilayah utara.

"Untuk wilayah selatan Cianjur, Pantai Cemara, Jayanti, Ocean View Karangpotong, dan air terjun di beberapa kecamatan, seperti Curug Luhur, Curug Citambur, Curug Ngebul, dan Curug Cikondang. Peningkatan sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir, terutama di akhir pekan," jelasnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Cianjur yang Lagi Hits, Bisa untuk Anak-anak

Panorama Karang Potong Ocean View CianjurDok. Instagram @karangpotongoceanview Panorama Karang Potong Ocean View Cianjur

Kenaikan itu terjadi usai sosialiasi melalui sejumlah kegiatan, seperti pameran dan promosi tempat wisata. Pemerintah daerah juga menggencarkan pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat wisata. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh pengelola area perkemahan Taman Cibodas, Deden Ipey.

Baca juga:

Ia mengatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan meningkat setiap akhir pekan dan hari biasa, sejak sebulan terakhir.

Setiap minggunya, tercatat hingga 2.000 wisatawan berlibur di tempat wisata tersebut.

"Wisata alam, seperti area berkemah, banyak digandrungi wisatawan sejak pandemi mulai berkurang, termasuk suasana air terjun. Selama satu pekan ini, kami banyak mendapat pesanan dari grup wisatawan asal Jabodetabek," katanya.

Baca juga: Taman Bunga Nusantara Cianjur yang Instagramable dengan Ratusan Bunga Aneka Warna

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.