Kompas.com - 08/08/2022, 19:35 WIB

KOMPAS.com - Makanan yang disajikan merupakan salah satu elemen penting dari sebuah acara pernikahan. Secara garis besar, ada paket makanan set menu dan buffet yang bisa dipilih calon mempelai.

Paket set menu dan buffet memiliki sejumlah perbedaan, di antaranya dari cara penyajian dan kapasitas. 

"Kalau buffet itu lebih bisa menampung banyak orang karena dia prasmanan dan standing (berdiri), mungkin ada beberapa meja untuk (tamu) VIP atau sesepuh," kata Director Tiara Josodirdjo & Associates, Iie Mulyantini, kepada Kompas.com saat konferensi pers Truly Timeless Plataran Wedding Roadshow 2022 di Jakarta Selatan, Kamis (4/8/2022).

Baca juga:

Sebaliknya, Iie melanjutkan, set menu mewajibkan semua tamu untuk duduk, sehingga kapasitasnya juga akan jauh lebih sedikit. 

"Misalkan kapasitas (tamu) standing 200.000 (orang), mungkin set menu bisa 300 (orang), karena kita butuh meja bundar atau panjang. Semua orang butuh duduk," ujarnya.

Baca juga: Mengintip Resor di Ancol, Lokasi Pernikahan Putri Anies Baswedan

Set menu dan buffet memiliki tantangan tersendiri

Ilustrasi set menu dalam pernikahan.Dok. UNSPLASH/Filipp Romanovski Ilustrasi set menu dalam pernikahan.

Selain dari segi kapasitas, set menu dan buffet juga memiliki tantangan masing-masing. 

Jika memilih buffet, maka perlu dipikirkan pengaturan alur saat tamu hendak menyalami mempelai. Hal ini juga berhubungan dengan kapasitas dan protokol kesehatan. 

"Kalau untuk pengaturan jalur salaman, lebih sulit, tapi tergantung tamunya. Kalau ada yang mengundang lebih dari kapasitas, nanti kita arahkan, dibagi jadi beberapa shift supaya tidak menumpuk di satu waktu," jelas Iie. 

"Tapi kalau tamunya enggak terlalu full capacity (kapasitas penuh), itu enak banget standing. Lebih cozy (nyaman), lebih santai, lebih rileks," imbuhnya. 

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.