Kompas.com - 10/08/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Kunjungan wisata ke Kota Malang, Jawa Timur diprediksi meningkat tiga kali lipat pada 2022.

Dikutip dari Surya Malang, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menyebut, selama Januari hingga Juni 2022, tercatat sebanyak 5,9 juta wisatawan berkunjung ke Kota Malang.

Baca juga: 32 Tempat Wisata Malang Raya, Banyak Tempat Bernuansa Alam

Angka ini jauh dari prediksi sebelumnya, yakni 1,9 juta wisatawan selama 2022.

"Awalnya kami kira wisatawan masih ragu beraktivitas karena pandemi. Tapi ternyata situasinya berbeda. Lonjakan terjadi sejak Maret lalu," ujar Plt Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni kepada wartawan, Selasa (09/08/2022), seperti dikutip dari Surya Malang.

Ia menambahkan, kunjungan tak hanya dari wisatawan nusantara (wisnus), melainkan juga wisatawan mancanegara (wisman).

Di beberapa tempat, seperti Alun-alun Tugu dan Kampung Warna-warni Jodipan banyak ditemui wisman menikmati suasana di sana.

Baca juga: 13 Wisata Pantai di Malang, Ada yang Mirip Bali dan Raja Ampat

Meski demikian, belum lama ini Ida menyebutkan, kunjungan wisman masih belum signifikan. Dikutip dari Kompas.com (04/08/2022), angkanya tercatat hanya 105 orang.

Sebab, tambah dia, wisman biasanya hanya menjadikan Malang sebagai tempat transit untuk berwisata ke daerah lain. Kebanyakan, mereka singgah sejenak karena mau pergi ke Gunung Bromo.

"Wisatawan asing itu sifatnya overland, ya. Mereka rangkaian perjalanannya dari Yogyakarta, kemudian ke Kota Malang selama 1,9 hari di sini, kemudian menginapnya di Kota Malang dan diajak ke Bromo," tutur Ida, Kamis (04/08/2022).

Baca juga: 12 Kolam Renang Malang, Bisa Ajak Anak-anak

Adapun daerah asal wisman yang mendominasi kunjungan ke Malang yaitu Malaysia, Timor Leste, China, Perancis, dan Belanda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.