Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 18:45 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia menempati peringkat pertama sebagai penyumbang wisatawan terbanyak ke Negeri Singa sepanjang 2022. Tren ini menandakan bahwa Singapura merupakan salah satu tujuan wisata favorit pelancong asal Indonesia.

Hal itu diamini Area Direktur Singapore Tourism Board (STB) Indonesia, Mohammed Firhan Abdul Salam.

Firhan mengatakan, jumlah wisatawan Indonesia merupakan yang tertinggi disusul India, Malaysia, Australia, dan Filipina. 

Tak tanggung-tanggung, jumlah wisatawan Indonesia ke Singapura mencapai 282.000 orang sepanjang Januari hingga Juni 2022.

Hal itu mendorong STB makin getol menggelar kampanye wisata guna mendongkrak pariwisata Singapura. Salah satunya, lewat kampanye bertajuk “Singaporeimagine”.

Sebagai bagian dari kampanye tersebut, STB menggelar acara Singapore Networking Session (B2B Tabletop) di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (11/8/2022). 

Baca juga: Canggih dan Inovatif, Ini Sederet Destinasi Wisata Singapura dengan Wajah Baru

“Acara B2B Tabletop diharapkan menjadi momentum bagi para pelaku pariwisata untuk berjejaring (networking) dan membuka peluang bisnis antara pelaku wisata Singapura dan Indonesia," kata Firhan kepada Kompas.com, Kamis.

Firhan menambahkan, Singapore Networking Session B2B Tabletop yang digelar pihaknya kali ini merupakan yang pertama setelah dua tahun pandemi Covid-19. 

Pada acara tersebut, STB memboyong lebih dari 30 Singapore partner, mulai dari penyedia atraksi, hotel, tour operator, destination management company (DMC), enrichment program, operator cruise, dan juga 150 travel agent dari Jakarta.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, partner travel asal Singapura yang turut hadir di antaranya Ace Tour and Travel PTE LTD, Six Stars Tour and Service PTE LTD, Yotel Singapore Orchard, Changi Airport, Cruise Connexions, dan Trickeye Museum.

Adapun travel partner asal Singapura mengisi setiap meja stan yang disediakan pihak STB Indonesia. Kemudian, agen travel Indonesia menghampiri meja tersebut untuk bertukar informasi terkait program atau produk wisata yang ditawarkan.

Baca juga: Mengintip Dempsey Hill, Surga Tersembunyi di Singapura yang Wajib Dikunjungi

“Kedua belah pihak, baik partner Singapura maupun travel agent Indonesia, dapat menjalin kerja sama secara mandiri untuk menghadirkan paket wisata Singapura bagi wisatawan Indonesia,” terang Firhan.

Firhan menjelaskan, Singapore Networking Session B2B Tabletop diadakan di enam kota besar di Indonesia. Setelah Jakarta, acara yang sama dapat dijumpai di Surabaya, Bali, Medan, Makassar, dan Pekanbaru. 

Melalui kampanye tersebut, imbuh Firhan, Singapura berkomitmen meningkatkan pengalaman wisatawan internasional dalam hal sanitasi, higienis, dan juga inovasi. 

“Singapura mengoptimalkan teknologi dan inovasi untuk menyuguhkan pengalaman liburan baru, unik, dan berfokus pada kelestarian lingkungan. Tujuannya, untuk meningkatkan gairah wisatawan liburan ke Singapura,” jelasnya.

STB memboyong lebih dari 30 Singapore Partner, mulai dari mulai atraksi, hotel, tour operator, destination management company (DMC), enrichment program, operator cruise, dan juga 150 travel agent dari Jakarta.KOMPAS.com/Yakob Arfin T Sasongko STB memboyong lebih dari 30 Singapore Partner, mulai dari mulai atraksi, hotel, tour operator, destination management company (DMC), enrichment program, operator cruise, dan juga 150 travel agent dari Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com