Kompas.com - 11/08/2022, 21:31 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Pemkot Malang berencana membeli dua unit kendaraan Malang City Tour atau Macito.

Sebanyak Rp 2,4 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 akan dikucurkan untuk pengadaan Macito.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, saat ini baru ada satu unit kendaraan Macito yang beroperasi dan dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.

Baca juga: Lumba-lumba Muncul di Pantai Tiga Warna Malang, Dianggap Kejadian Langka

Penambahan kendaraan wisata itu awalnya akan dilakukan dengan membenahi bus Macito lawas.

"Jadi, Macito yang dulu tidak bisa beroperasi lagi karena tidak dapat izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, makannya mau dirombak tetapi biayanya banyak," kata Sutiaji kepada Kompas.com di Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (11/8/2022).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun pembenahan dinilai akan menghabiskan biaya banyak dengan nilai yang hampir sebanding membeli kendaraan Macito baru.

"Mau kita rombak ternyata kita tanya karoseri habisnya Rp 800 juta. Sedangkan kalau beli baru itu Rp 1,2 miliar. Rekomendasinya enggak usah merenovasi, lebih baik beli dua saja yang baru," ujar Sutiaji.

Baca juga: Wisata Sejarah Bakal Hadir di Kota Malang, Pemkot Siapkan Penataan Kawasan Kayutangan

Selain itu, akan ada penambahan dua kendaraan Macito lagi dari sumbangan CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan milik Juragan 99. Namun, belum diketahui kapan kendaraan sumbangan tersebut akan beroperasi.

Seputar bus Malang City Tour dan cara naiknya

Nantinya jika ditotal, Kota Malang akan memiliki 5 unit kendaraan bus Malang City Tour untuk wisatawan.

Sebagai informasi, kendaraan Macito diperuntukkan bagi wisatawan untuk berkeliling menikmati wajah Kota Malang.

Bus Malang City Tour (Macito) milik Pemkot Malang saat hendak mengantar sejumlah delegasi yang berkunjung ke Kota Malang pada 2019 lalu.KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Bus Malang City Tour (Macito) milik Pemkot Malang saat hendak mengantar sejumlah delegasi yang berkunjung ke Kota Malang pada 2019 lalu.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati kendaraan Macito dapat langsung ke Jalan Majapahit atau kantor eks DLH Kota Malang.

Baca juga: 13 Wisata Pantai di Malang, Ada yang Mirip Bali dan Raja Ampat

Adapun untuk jadwalnya, Hari Senin hingga Kamis beroperasi pukul 09.00 sampai 11.30 WIB dan pukul 13.00 sampai 15.00 WIB.

Kemudian untuk Hari Sabtu dan Minggu, beroperasi pukul 13.00 sampai 15.00 WIB, pukul 15.30 sampai 17.30 WIB, dan pukul 18.30 sampai 20.00 WIB. Sedangkan untuk hari Jumat libur alias tidak beroperasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.