Kompas.com - 13/08/2022, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Kuota pendakian Gunung Binaiya di Pulau Seram, Maluku, penuh menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia yang akan diperingati pada Rabu (17/8/2022).

"Sementara kuota sudah penuh, sampai dengan tanggal 18 Agustus. Jadi mungkin tidak bisa lagi untuk yang mau naik. Kalau mau naik, mungkin setelah tanggal 18 (Agustus)," kata Kepala Balai Taman Nasional Manusela, M. Zaidi, dikutip dari Antara, Sabtu (13/8/2022).

Zaidi menjelaskan bahwa kuota pendakian yang diizinkan hanya mencakup 52 orang dari jalur selatan. Untuk jalur utara, pihaknya belum mengeluarkan surat izin masuk lantaran jalurnya belum disurvei.

Baca juga:

"Jadi kita belum pastikan jalurnya bagus. Takutnya orang nyasar nanti kan, makanya jalur utara belum kita buka," ujarnya. 

Adapun kuota yang berlaku bersifat siapa yang masuk terlebih dahulu, atau siapa yang melakukan registrasi surat izin masuk kawasan konservasi (simaksi) terlebih dahulu.

"Artinya siapa yang duluan masuk, kita beri izin. Yang terakhir masuk, kalau sudah penuh, sudah 52 orang, berarti kita bisa keluarkan simaksi lagi," tuturnya.

Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Berselimut Salju Abadi 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, Zaidi juga mengimbau para pendaki untuk berhati-hati karena saat ini sedang musim hujan.

Para pendaki juga dianjurkan membawa tenda masing-masing lantaran sejumlah shelter di pos pendakian belum diperbaiki, sehingga dikhawatirkan akan belum memadai.

Tidak hanya itu, para pendaki dan wisatawan juga wajib menerapkan protokol kesehatan, antara lain memakai masker, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan menjaga jarak.

Baca juga:

Kuota kunjungan ke Taman Nasional Manusela telah ditingkatkan sejak Rabu (2/8/2022) menjadi 50 persen, dari yang sebelumnya hanya 30 persen. 

Keputusan tersebut mengacu terhadap Instruksi Bupati Maluku Tengah Nomor 443.1/02/INS/2022 tanggal 21 Februari 2022. 

Untuk diketahui, Gunung Binaiya memiliki ketinggian sekitar 3.027 meter di atas permukaan laut. Gunung ini ada di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Baca juga: 20.000 Peserta Ditargetkan Ikut Upacara HUT Ke-77 RI di Gunung Talang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.