Kompas.com - 13/08/2022, 12:03 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - TikTok menggandeng empat kreator untuk mempromosikan lima Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia dalam program kampanye Jelajah #SerunyaIndonesia. Kegiatan promosi ini dilakukan dengan TikTok Live selama 77 jam.

Lima destinasi tersebut mencakup Borobudur di Magelang, Jawa Tengah; Mandalika di Nusa Tenggara Barat; Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur; Danau Toba di Sumatera Utara; dan Likupang di Sulawesi Utara.

"Ragam konten oleh para kreator yang aktif berbagi rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah yang terkenal, hingga rekomendasi wisata baru sebagai hidden gem lewat video di TikTok, menjadikan konten wisata dan travel berkembang pesat dan menjadi bagian dari lima konten teratas di Indonesia," kata Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia, Agung Pamungkas, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Baca juga:

Promosi pariwisata melalui platform digital ini pun merupakan salah satu fokus pemerintah, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Keempat kreator kemudian dibagi menjadi empat grup. Grup pertama akan menjelajahi Kota Aceh dan berakhir di Pontianak, Kalimantan Barat, bersama kreator konten Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro).

Kemudian, grup kedua akan menjelajahi Samarinda, Kalimantan Timur, dan berakhir di Yogyakarta bersama kreator konten Melani Amelia (@namakuamel_racosta).

Baca juga: 50 Destinasi Wisata Terpopuler di TikTok, Indonesia Urutan Berapa?

Konten kreator Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), sedang melakukan live di platform TikTok dalam rangka Kampanye Jelajah #SerunyaIndonesia, di Pemantang Siantar, Sumatera Utara, Rabu (10/8/2022). Selama penjelajahan itu, para kreator akan mengeksplor destinasi wisata sekaligus mengajak audiens untuk jalan-jalan virtual melalui TikTok Live. KOMPAS.com/MUTIARA BERTHA Konten kreator Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), sedang melakukan live di platform TikTok dalam rangka Kampanye Jelajah #SerunyaIndonesia, di Pemantang Siantar, Sumatera Utara, Rabu (10/8/2022). Selama penjelajahan itu, para kreator akan mengeksplor destinasi wisata sekaligus mengajak audiens untuk jalan-jalan virtual melalui TikTok Live.

Sementara itu, grup ketiga akan menjelajahi Manado, Sulawesi Utara, dan berakhir di Ambon, amluku, bersama kreator konten Canny Claudia (@cannyclau).

Terakhir, grup keempat berkelana ke Merauke, Papua, dan berakhir di Bali bersama kreator konten Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak).

Tiap-tiap grup akan melaksanakan penjelajahan selama 10 hari.

Baca juga:

Selama penjelajahan itu, para kreator akan mengeksplor destinasi wisata sekaligus mengajak masyarakat untuk jalan-jalan virtual melalui TikTok Live.

Tak hanya menjelajahi berbagai wilayah di Indonesia, program ini juga akan mendukung pemberdayaan kreator daerah dan lokal, melalui program "Serunya On The Road (SOTR)" di tiga kota, yaitu Semarang, Bali, dan Medan.

Program ini bertujuan untuk membuka peluang dan memberdayakan ekonomi kreator di Indonesia, sehingga siapa pun dapat ikut mempromosikan wisata Indonesia dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.

Baca juga: Pendaki Kena Blacklist 5 Tahun di Gunung Sindoro, Pura-pura Sakit demi Konten TikTok

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.