Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2022, 14:26 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menggelar travel fair Travelin Fest di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pada 13-17 Agustus 2022. Tepatnya dari area kedatangan domestik hingga area terbuka SMMILE Center.

Travelin Fest digelar dalam rangka HUT ke78 AP II pada Sabtu (13/8/2022), sekaligus HUT Ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022) mendatang.

Pameran perjalanan ini didukung oleh 3.800 produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), maskapai nasional, maskapai asing, jaringan hotel, agen perjalanan, serta perusahaan otomotif dan teknologi.

Baca juga:

“Kami berharap Travelin Fest di Bandara Soekarno-Hatta dapat mengawali digelarnya ajang travel fair serupa di bandara-bandara lain di Indonesia guna mengakselerasi kebangkitan penerbangan nasional dan pariwisata yang terkena dampak hebat pandemi Covid-19," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (12/8/2022).

Sementara itu, VP of Corporate Communications AP II, Akbar Putra Mardhika, memaparkan tiga hal pokok yang ditawarkan oleh Travelin Fest, sebagai berikut.

1. Travel Hub Fair

Calon pelaku perjalanan dapat menemukan berbagai paket wisata menarik dan tiket penerbangan dengan harga diskon, khusus penerbangan pada periode tertentu atau bukan go-show (calon penumpang pesawat yang memesan tiket secara langsung beberapa jam sebelum keberangkatan).

Digelarnya Travel Hub Fair ini bertujuan untuk mendorong peningkatan lalu lintas penerbangan.

Baca juga: 7 Tips Pertama Kali ke Bandara, Pemula Wajib Tahu

2. Local Creative Festival

Ada pula pameran merek-merek lokal dan produk-produk UMKM yang telah melalui proses kurasi. Rencananya akan dipamerkan sekitar 3.800 produk di perhelatan ini.

Digelarnya Local Creative Festival adalah bagian dari menjalankan fungsi bandara sebagai etalase produk-produk dalam negeri.

Baca juga: Daftar Kenaikan Airport Tax di 18 Bandara, Tiket Pesawat Ikut Naik?

3. Airport Town Festival

Suasana di Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/6/2016). Terminal ini memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/6/2016). Terminal ini memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Terdapat juga pameran berbagai produk guna memberikan pengalaman menarik bagi para pelaku perjalanan dan pengunjung bandara.

"Di travel fair ini ada promo, lucky draw bagi pengunjung dari participant event (peserta acara), hadiah tour, lelang tiket WSBK Lombok, hingga harga spesial ke luar negeri dari participant  (peserta)," kata Akbar kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Pusat Informasi Turis Bandara Soetta yang Tidak Aktif Akan Diperbaiki

Selain tiga acara tersebut, di Terminal 3 juga akan digelar Parade Budaya dan Pojok Nusantara yang menampilkan berbagai kebudayaan dari seluruh provinsi kepada para pelaku perjalanan dan pengunjung bandara, serta beragam talk-show dengan narasumber.

“Travel Fest tidak akan mengganggu aspek keselamatan, keamanan, pelayanan dan pematuhan terhadap seluruh peraturan di Bandara Soekarno-Hatta," tegasnya.

Baca juga: Jangan Sembarang Selfie di Bandara, Ada Area yang Dilarang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com