Kompas.com - 16/08/2022, 16:45 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Pantai Dermaga Borong, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tempat pengibaran 77 bendera merah putih, Selasa (16/08/2022).

Pengibaran bendera merupakan kolaborasi Komunitas 77, Cenggo Inung Kopi Online (CIKO), dan lembaga pendidikan MAS Nur Hidayah Borong yang dipersembahkan untuk Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI).

Baca juga: Apa Tema HUT Ke-77 RI dan Maknanya?

Pengibaran dilakukan di Pantai Dermaga Borong untuk sekaligus memperkenalkannya sebagai destinasi yang indah untuk dikunjungi wisatawan, terutama pada momen matahari terbenam.

"Hari ini mengibarkan 77 bendera merah putih obyek wisata Pantai Dermaga Borong. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahannya apalagi saat matahari terbenam. Selanjutnya, aksi sosial kemanusiaan di lembaga pendidikan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Borong," kata Anggota Komunitas 77 Manggarai Timur, Ade Manubellu.

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Gratis Saat HUT Ke-77 RI

Selain memperkenalkan keindahan panorama Pantai Dermaga Borong, mereka juga berharap aktivitas ini membuat daya tarik lainnya dari daerah tersebut ikut terangkat, seperti wisata kuliner, kopi, dan kain tenun Manggarai Timur.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Aktivitas serba 77

Kolaborasi komunitas 77 dan CIKO Manggarai Timur, NTT mengibarkan 77 bendera merah putih di pantai Dermaga Borong, Selasa, (16/8/2022). (DOK-BONIFASIUS HASUDUNGAN)DOK Bonifasius Hasudungan Kolaborasi komunitas 77 dan CIKO Manggarai Timur, NTT mengibarkan 77 bendera merah putih di pantai Dermaga Borong, Selasa, (16/8/2022). (DOK-BONIFASIUS HASUDUNGAN)

Selain pengibaran bendera, dalam rangka perayakan HUT ke-77 RI mereka juga melakukan sejumlah kegiatan sosial yang semuanya diidentikkan dengan angka 77. Misalnya menyerahkan 77 buku bacaan anak di Komunitas Santo Andreas Borong.

Baca juga: 7 Wisata Sejarah Kemerdekaan RI, Pas Dikunjungi Saat 17 Agustus 

Kegiatan ini dilakukan sejak Selasa hingga Kamis (18/08/2022).

"Kami melakukan kegiatan serba 77 untuk merayakan 77 tahun Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini merupakan spontanitas dari kolaborasi komunitas di Manggarai Timur," kata penggagas Komunitas 77 Manggarai Timur, Bonifasius Hasudungan kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.