Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 22:03 WIB
Louis Brighton Putramarvino,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.COM – Menyusuri tempat-tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu kemerdekaan bisa menjadi salah satu cara merayakan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (RI).

Jika kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, cobalah menjelajahi tempat-tempat bersejarah di ibu kota. Misalnya, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: 7 Wisata Sejarah Kemerdekaan RI, Pas Dikunjungi Saat 17 Agustus 

Kawasan Menteng juga mudah dijangkau dengan sejumlah opsi transportasi umum. Jadi, bagi kamu yang memanfaatkan libur pada tanggal merah 17 Agustus bisa sekalian menikmati suasana Jakarta dengan naik transportasi umum.

Berikut contoh itinerary wisata kemerdekaan di Menteng, Jakarta Pusat, seperti disusun oleh Kompas.com.

Itinerary wisata kemerdekaan di Menteng

Gedung Joang 45

Perjalanan dapat dimulai dari pagi hari sekitar pukul 09.00 di Gedung Joang 45. Lokasi gedung ini berada di Jalan Menteng Raya No. 31, Menteng, Jakarta Pusat.

Gedung Joang 45https://indonesia.go.id/ Gedung Joang 45

Jika berencana datang naik Commuter Line (KRL), kamu bisa mencari rute menuju Stasiun Gondangdia. Jaraknya sekitar 600 meter dari stasiun dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.

Mengutip situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, gedung yang dulunya sebuah hotel bernama Hotel Schomper ini sempat dijadikan tempat pelatihan dan pendidikan setelah diambil alih oleh pemuda Indonesia menjelang kemerdekaan.

Baca juga: Gedung Joang 45, Hotel Mewah yang Menjelma Markas Pemuda Revolusioner Jelang Kemerdekaan

Melansir Kompas.com (17/08/2020), sebelumnya hotel milik pasangan LC Schomper dan AM Bruyn ini sudah beroperasi sejak 1939 sebelum jatuh ke tangan Jepang pada 1942 yang menggunakannya sebagai Markas Seidenbu yang merupakan jawatan propaganda Jepang.

Semenjak diresmikan pada 19 Agustus 1974, gedung ini berfungsi sebagai museum yang memamerkan berbagai benda bersejarah seperti mobil dinas kepresidenan pertama dan koleksi senjata.

Makan Siang di Tugu Kunstkring Paleis

Jelang siang, kamu dapat makan terlebih dahulu. Ada banyak tempat makan di kawasan Menteng. Salah satunya adalah Tugu Kunstkring Paleis.

Ruang makan utama di Restoran Tugu Kunstkring Paleis jakartadok. Tugu Kunstkring Ruang makan utama di Restoran Tugu Kunstkring Paleis jakarta

Restoran ini berada di Jalan Teuku Umar No. 1, Menteng, Jakarta Pusat. Perjalanan berjarak 650 meter ini dapat ditempuh dalam waktu 8 menit dengan jalan kaki dari Gedung Joang 45 melalui Jalan Cut Mutia.

Jika sebelumnya titik keberangkatanmu adalah di Stasiun Gondangdia, maka kamu kembali berjalan menuju stasiun.

Baca juga: Restoran di Jakarta Ini Menempati Gedung Berusia Lebih dari Seabad!

Melansir Kompas.com (08/06/2017), restoran yang dulu bernama Gedung Kunstkring ini dibuka secara resmi pada 17 April 1914. Di bawah pemerintahan Belanda, gedung ini berfungsi sebagai pusat seni hingga tahun 1942 ketika Jepang melanda.

Setelah diambil alih oleh Jepang, gedung ini sempat dijadikan gedung Majelis Islam A’la Indonesia dan gedung imigrasi.

Baca juga: Kunstkring Jadikan Menteng Lebih Bermakna

Sejak 2013, gedung yang berusia lebih dari seabad tersebut kini diubah menjadi galeri seni sekaligus restoran. Di sana kamu dapat menikmati berbagai macam masakan khas Indonesia dan barat sambil melihat galeri seni yang tersedia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com