Kompas.com - 17/08/2022, 06:05 WIB

KOMPAS.com - Perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI) dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satu cara perayaan unik yang rupanya cukup banyak dilakukan di berbagai lokasi adalah pengibaran bendera merah putih bawah air atau bawah laut.

Sebagian dilakukan di destinasi wisata buatan, sementara lainnya di destinasi wisata alam.

Baca juga: Apa Tema HUT Ke-77 RI dan Maknanya?

Berikut rangkuman Kompas.com tentang destinasi tempat pengibaran bendera bawah air. Beberapa di antaranya baru akan melakukan upacara pengibaran bendera pada Rabu (17/08/2022), sehingga kamu masih bisa ikutan.

Destinasi tempat pengibaran bendera bawah air

1. Umbul Ponggok, Klaten

Destinasi wisata Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah menjadwalkan upacara bendera bawah air yang akan digelar Rabu.

Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).

Dikutip dari Tribun Jogja, upacara yang akan dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB itu rencananya diikuti oleh seluruh karyawan dan para pengunjung.

Namun, hanya lima orang petugas yang turun ke air untuk mengibarkan bendera dan mengambil dokumentasi.

Baca juga: Apa Tema HUT Ke-77 RI dan Maknanya?

Meski demikian, peserta upacara bisa ikut meramaikan dengan mengelilingi umbul dan mengikuti instruksi pemimpin upacara di panggung yang telah disediakan.

2. Gili Labak, Sumenep

Pengibaran bendera merah putih di bawah air juga akan dilakukan di pulau wisata Gili Labak pada Rabu, dengan melibatkan 20 penyelam dan 14 orang tim.

Dikutip dari Tribun Madura, kegiatan ini digelar oleh Tim DIver Blue Marline Diving Club Surabaya Jawa Timur bersama Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sumenep.

Baca juga: Aturan Pasang Bendera Merah Putih Saat 17 Agustus

Selain menumbuhkan kecintaan terhadap negara, digelarnya pengibaran bendera di bawah air dilakukan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap alam laut sehingga masyarakat bisa lebih peduli dengan terumbu karang.

Apalagi, barisan terumbu karang di Gili Labak adalah salah satu yang terbaik di Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.