Kompas.com - 17/08/2022, 08:28 WIB

KOMPAS.com - Pengibaran bendera Merah Putih merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia (RI), termasuk saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Dilansir dari laman setneg.go.id, Rabu (17/8/2022), pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan sekitar pukul 10.17 WIB.

Namun, harap diketahui, pengibaran bendera Merah Putih bisa dilakukan di lingkungan masyarakat setempat.

Baca juga:

Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara RI tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, memuat ketentuan terkait perayaan ini meliputi aturan mengibarkan bendera.

"Mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2022," bunyi SE tertanggal 12 Juli 2022 itu.

Baca juga: 30 Ucapan HUT Ke-77 RI, Cocok untuk Dibagikan ke Media Sosial 

Upacara detik-detik Proklamasi memperingati HUT Ke-76 RI yang digelar di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021).YouTube/Sekretariat Presiden Upacara detik-detik Proklamasi memperingati HUT Ke-76 RI yang digelar di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021).

Sementara itu, dilansir dari tribunnews.com, Rabu, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, atau dikenal juga sebagai Upacara 17 Agustus, akan digelar sekitar pukul 09.40 WIB.

Namun, masyarakat sudah dapat menyaksikan aneka hiburan mulai pukul 07.25 WIB. Salah satu kanal yang menyiarkannya secara langsung adalah kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Selanjutnya, mulai pukul 10.17 hingga 10.20 WIB, masyarakat diimbau untuk menghentikan semua kegiatan selama tiga menit, lalu berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" dikumandangkan. 

Baca juga:

Pada momen inilah biasanya bendera Merah Putih dikibarkan saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Adapun penghentian kegiatan dikecualikan bagi masyarakat yang tengah melakukan aktivitas yang membahayakan diri. 

Baca juga: Cara Ikut Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka dan Online

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.