Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2022, 11:03 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Selain pengibaran bendera merah putih, penurunan bendera merah putih jam berapa juga sudah diatur dalam susunan upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI).

Susunan upacara telah dirinci melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 yang bisa dibaca pada tautan ini.

Baca juga: 30 Ucapan HUT Ke-77 RI, Cocok untuk Dibagikan ke Media Sosial 

Adapun peringatan HUT ke-77 RI mengambil tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". Tema ini sesuai dengan situasi di masyarakat yang tengah berjuang bangkit dari pandemi Covid-19.

Di tingkat pusat, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, secara luring dan daring.

Penurunan bendera merah putih jam berapa?

Sesuai susunan upacara yang tertera dalam SE Mensetneg, upacara penurunan bendera merah putih pada Rabu (17/08/2022) akan dilakukan pada pukul 17.00 WIB di Halaman Istana Merdeka dan dapat disaksikan secara daring.

Baca juga: Apa Tema HUT Ke-77 RI dan Maknanya?

Adapun rangkaian upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan Kirab Bendera Pusaka dari Monumen Nasional ke Halaman Istana Merdeka, dan dilanjutkan oleh pertunjukan kesenian.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Upacara Perinyatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan dimulai, dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih.

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Gratis Saat HUT Ke-77 RI

Pada sore hari, tepatnya pukul 15.45 WIB, Upacara Penurunan Bendera akan diawali oleh pertunjukan kesenian terlebih dahulu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Menghentikan aktivitas sejenak

Dalam surat edaran yang sama, pemerintah juga mengimbau agar masyarakat dapat menghentikan aktivitas sejenak pada Rabu (17/08/2022) untuk berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata Kemerdekaan di Menteng Jakarta

Namun, penghentian aktivitas sejenak dikecualikan bagi masyarakat dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain jika dihentikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com