Kompas.com - 17/08/2022, 14:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan orang mengikuti upacara peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia di perairan sekitar Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (17/8/2022).

Upacara dimulai tepat pukul 10.00 WIB, yang diikuti potensi SAR (Search and Rescue) dan pelajar. Peserta upacara harus menyeberang menggunakan perahu karena arah sungai bawah tanah yang bermuara di Baron mengarah ke timur.

Baca juga:

Detik-detik proklamasi dimulai dengan ditandai bunyi sirene, lalu dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih. 

Tiga orang Pasukan Pengibar Bendera, yakni Iswanto, Surono, dan Sumantoro, langsung masuk ke dalam air. Surono, yang membawa bendera Merah Putih, terlihat membawa bendera dengan satu tangan, sedangkan tangannya yang lain digunakan untuk berenang. 

Anggota tim SAR itu pun menyelam ketika ada gelombang datang, kemudian disusul peserta upacara lainnya.

Baca juga: Cerita Para Pelaku Wisata Yogyakarta, Beralih Profesi untuk Bertahan Hidup

Upacara Bendera di tengah laut Pantai Baron, Gunungkidul Rabu (17/8/2022)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Upacara Bendera di tengah laut Pantai Baron, Gunungkidul Rabu (17/8/2022)

Setelah berenang sekitar 15 menit, tiga orang Pasukan Pengibar Bendera sampai di lokasi tiang bendera atau sekitar 200 meter dari bibir pantai.

Seluruh peserta selanjutnya menyanyikan lagu "Indonesia Raya".

Baca juga: Wisata ke Kaliurang dan Kaliadem Gratis Saat 17 Agustus 2022

"Hari ini ada ratusan peserta yang mengikuti upacara di tengah laut," kata Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdianto saat ditemui Kompas.com usai acara.

Dia melanjutkan, upacara di tengah laut ini sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, namun ditiadakan pada tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19. 

"Tahun ini kembali dilaksanakan, semoga berdampak pada sektor pariwisata, dan pulih seperti sediakala sebelum pandemi," kata Suris.

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Gratis Saat HUT Ke-77 RI

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.