Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2022, 21:08 WIB
Markus Makur,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Puncak Gunung Anak Ranakah di Kecamatan Lambaleda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi lokasi pengibaran bendera merah putih dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI).

Dikutip dari situs Geospasial Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gunung Anak Ranakah adalah kerucut gunung api dengan panorama indah dan udara segar yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara. 

Penduduk setempat menamakannya Nampar Nos (Namparnos). Gunung ini dapat dicapai dengan berkendara sekitar 45 menit dari Ruteng.

Baca juga: 6 Baju Adat Jokowi Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI Setiap Tahun

Komunitas Motor Trail (KMT) Kabupaten Manggarai Timur adalah kelompok yang memilih menggelar pengibaran bendera di Gunung Nampar Nos, Rabu (17/08/2022). Alasannya untuk semakin mendekatkan diri dengan alam sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap alam.

Ketua Komunitas Motor Trail Kabupaten Manggarai Timur, Ade Manubellu mengatakan, ada satu hal yang bisa dipelajari dari sebuah gunung berapi.

Komunitas Motor Trail Manggarai Timur mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Berapi Nampar Nos untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77, Rabu, (17/8/2022). (DOK KOMUNITAS MOTOR TRAIL MATIM-ADE MANUBELLU)DOK KOMUNITAS MOTOR TRAIL MATIM-ADE MANUBELLU Komunitas Motor Trail Manggarai Timur mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Berapi Nampar Nos untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77, Rabu, (17/8/2022). (DOK KOMUNITAS MOTOR TRAIL MATIM-ADE MANUBELLU)

Gunung berapi, menurutnya, akan selalu memiliki aktivitas vulkanik dalam kondisi cuaca apapun. Nilai itu dianggap relevan dengan situasi di masa pandemi Covid-19, di mana banyak orang harus tetap melanjutkan kehidupannya pada situasi apapun.

"Dan dari atas gunung sebenarnya mengajarkan kepada kita bahwa sebagai manusia tidak boleh sombong walau pun dalam posisi atau kedudukan yang lebih tinggi karena sebenarnya kita sangat kecil di tengah alam semesta ini," ucap Ade kepada Kompas.com, Rabu.

Baca juga: HUT RI, 5 Destinasi Ini Jadi Lokasi Pengibaran Bendera Bawah Air

Tahun lalu, komunitas ini juga menyelenggarakan pengibaran bendera namun di lokasi berbeda, yakni salah satu bukit di kawasan pariwisata Nangarawa, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain karena nilai-nilai yang bisa diambil dari aktivitas pendakian, mereka kerap memilih gunung sebagai lokasi pengibaran bendera sekaligus untuk mempromosikan keindahan pegunungan di Kabupaten Manggarai Timur.

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Ende NTT, Kota Pancasila 

"Komunitas ini memiliki cara mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur untuk dikenal luas oleh komunitas lainnya di seluruh Indonesia. Beberapa bulan lalu, komunitas ini menjelajahi pariwisata Manggarai Timur dengan motor trail," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com