Kompas.com - 18/08/2022, 06:07 WIB

KOMPAS.com - Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan yang digelar oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, masih akan berlangsung hingga 22 Agustus 2022.

Di sana, pengunjung bisa melihat dari dekat tujuh mobil kepresidenan dari masa ke masa, mulai dari era Presiden Soekarno hingga Joko Widodo.

"Ini adalah rangkaian (kegiatan) selama bulan kemerdekaan,” ucap Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat membuka Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: 7 Mobil Kepresidenan Parkir di Lobi Sarinah, Bisa Foto Bareng

Pameran bertajuk "Indonesia Menjawab" ini gratis untuk umum dan bisa dikunjungi sesuai jam operasional Sarinah, yakni mulai pukul 08.00 WIB-20.00 WIB.

Selain pameran mobil kepresidenan, ada pula sejumlah arsip atau dokumen kenegaraan yang dipajang.

Koleksi arsip tersebut menampilkan kisah perjalanan para kepala negara dalam menjawab tantangan yang harus dihadapi Indonesia, bahkan dunia.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata Kemerdekaan di Menteng Jakarta

Buat kamu yang ingin datang ke pameran ini, berikut sejumlah tips yang perlu diketahui.

4 tips berkunjung ke pameran mobil Kepresidenan RI

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) mengamati salah satu mobil kepresidenan yang dipamerkan pada Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8/2022). Pameran tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym.ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) mengamati salah satu mobil kepresidenan yang dipamerkan pada Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8/2022). Pameran tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym.

  • Naik transportasi umum

Lokasi pameran yang berada di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, sangat mudah diakses menggunakan transportasi umum.

Kamu hanya perlu berhenti di Stasiun Gondangdia, yang berjarak 1,2 kilometer atau 15 menit berjalan kaki.

Jika ingin melanjutkan perjalanan dengan TransJakarta, kamu bisa menunggu di depan stasiun lalu naik bus warna oranye bernomor 2Q rute Balai Kota 1 dan berhenti di halte Masjid Ar-Rayyan.

Dari Masjid Ar-Rayyan, kamu bisa berjalan kaki sekitar setengah kilometer menuju Gedung Sarinah. 

Baca juga: 6 Baju Adat Jokowi Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI Setiap Tahun

Jika naik TransJakarta di koridor 1, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan shuttle. Sebab, Halte Sarinah saat ini sedang direvitalisasi.

Lokasi pameran mobil ada di Lobi Selatan, sedangkan pameran arsip ada di lantai 3.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.