Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-77 RI, Bendera Merah Putih Berkibar di Spot Diving Labuan Bajo

Kompas.com - 18/08/2022, 09:12 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Setiap daerah memiliki cara tersendiri mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia, pada Rabu (17/8/2022). Salah satunya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo bersama beberapa instansi dan grup diving (penyelam) melaksanakan pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah perairan Waicicu, Pulau Kemukus.

Baca juga:

Komandan Lanal Labuan Bajo, Letkol Laut (P) Rony, mengatakan, dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI, TNI AL atas perintah Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudho Margono, agar melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih secara serentak sekaligus memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) di 77 spot diving di seluruh Indonesia, termasuk Labuan Bajo.

"Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut ini untuk meningkatkan jiwa nasionalisme melalui maritim dan kebaharian," tutur Letkol Rony dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu sore.

Baca juga: 17 Agustus 2022 HUT Keberapa RI? Simak Sejarahnya 

Foto : Sunset di Labuan Bajo diambil dari Puncak Waringin, pada Kamis sore.Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Sunset di Labuan Bajo diambil dari Puncak Waringin, pada Kamis sore.

Selain itu, kata dia, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut itu untuk mempromosikan keindahan alam bawah laut di Labuan Bajo. Menurutnya, alam bawah laut Labuan Bajo bisa menarik wisatawan untuk diving. 

"Ini juga momen untuk mengajak semua pihak agar sama-sama menjaga potensi laut kita yakni spot diving. Tidak boleh membuang sampah atau bahan peledak di wilayah perairan agar terumbu karang serta kekayaan alam kita tetap lestari," ujarnya.

Baca juga:

Ia menambahkan, untuk menyukseskan pengibaran bendera di bawah laut itu, pihaknya melibatkan Basarnas, P3KOM, KSOP, dan beberapa grup diving. Total keseluruhan yang mengikuti upacara bendera di bawah laut itu sebanyak 21 orang.

"Berkat kerja sama, Upacara Bendera memperingati HUT Ke-77 RI bisa sukses. Semoga upacara ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme kita semua," imbuhnya.

Baca juga: Wisata Labuan Bajo Tuai Pujian dari Delegasi G20 Asal Belanda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com