Kompas.com - 18/08/2022, 09:12 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Setiap daerah memiliki cara tersendiri mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia, pada Rabu (17/8/2022). Salah satunya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo bersama beberapa instansi dan grup diving (penyelam) melaksanakan pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah perairan Waicicu, Pulau Kemukus.

Baca juga:

Komandan Lanal Labuan Bajo, Letkol Laut (P) Rony, mengatakan, dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI, TNI AL atas perintah Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudho Margono, agar melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih secara serentak sekaligus memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) di 77 spot diving di seluruh Indonesia, termasuk Labuan Bajo.

"Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut ini untuk meningkatkan jiwa nasionalisme melalui maritim dan kebaharian," tutur Letkol Rony dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu sore.

Baca juga: 17 Agustus 2022 HUT Keberapa RI? Simak Sejarahnya 

Foto : Sunset di Labuan Bajo diambil dari Puncak Waringin, pada Kamis sore.Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Sunset di Labuan Bajo diambil dari Puncak Waringin, pada Kamis sore.

Selain itu, kata dia, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut itu untuk mempromosikan keindahan alam bawah laut di Labuan Bajo. Menurutnya, alam bawah laut Labuan Bajo bisa menarik wisatawan untuk diving. 

"Ini juga momen untuk mengajak semua pihak agar sama-sama menjaga potensi laut kita yakni spot diving. Tidak boleh membuang sampah atau bahan peledak di wilayah perairan agar terumbu karang serta kekayaan alam kita tetap lestari," ujarnya.

Baca juga:

Ia menambahkan, untuk menyukseskan pengibaran bendera di bawah laut itu, pihaknya melibatkan Basarnas, P3KOM, KSOP, dan beberapa grup diving. Total keseluruhan yang mengikuti upacara bendera di bawah laut itu sebanyak 21 orang.

"Berkat kerja sama, Upacara Bendera memperingati HUT Ke-77 RI bisa sukses. Semoga upacara ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme kita semua," imbuhnya.

Baca juga: Wisata Labuan Bajo Tuai Pujian dari Delegasi G20 Asal Belanda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.