Kompas.com - 18/08/2022, 15:54 WIB

KOMPAS.com - Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan, termasuk pencinta wisata alam.

Adapun harga tiket masuk ke Curug Leuwi Hejo saat ini mulai dari Rp 25.000 per orang. Ditambah biaya parkir mulai dari Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

Menurut pemandu wisata alam TrekkingNesia Sentul, Iwan, saat ini banyak wisatawan yang memakai jasa pemandu atau trekking guide ke Curug Leuwi Hejo karena lebih aman dan nyaman.

Baca juga:

"Walaupun lebih mahal sedikit, mulai dari parkir, tiket masuk, trekking pole, air mineral, P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan), dan guide (pemandu), semuanya sudah disediakan oleh provider trekking-nya (penyedia jasa), jadi lebih simpel," jelas Iwan kepada Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

Sebagai perbandingan, biaya dari jasa yang ditawarkan Iwan mulai dari Rp 135.000 per orang, ada pula yang mulai dari Rp 150.000 per orang.

Baca juga: 5 Tips Trekking di Leuwi Hejo Bogor, Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Pemandangan trekking di Leuwi Hejo, Bogor, Jawa BaratKompas.com/Aziza Zahwa L.M Pemandangan trekking di Leuwi Hejo, Bogor, Jawa Barat

Biaya tersebut tidak hanya meliputi kunjungan ke Curug Leuwi Hejo, tapi juga tempat wisata lainnya. Selain Curug Leuwi Hejo, misalnya, wisatawan juga bisa ke Curug Leuwi Benjol dan Curug Barong.

Untuk bisa sampai di Curug Leuwi Hejo, wisatawan perlu trekking terlebih dahulu. Dilansir dari Kompas.com, Senin (23/8/2021), jalur trekking yang ada pun bervariasi sesuai kemampuan wisatawan.

Baca juga:

Salah satu jalur trekking yang paling singkat berjarak satu hingga 1,5 kilometer (km), dengan durasi perjalanan satu hingga 1,5 jam.

"Untuk Leuwi Hejo, khususnya wisata alam yang ada di Sentul, itu mulai buka dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB," tutur Iwan.

Bila dari Stasiun Bogor, jarak ke Curug Leuwi Hejo adalah 24-28 kilometer (km), dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit. Jika dari Monumen Nasional di Jakarta Pusat, jaraknya 69-70 km dengan lama berkendara hingga dua jam.

Baca juga: 13 Wisata Bogor untuk Anak dan Keluarga, Pas buat Libur Sekolah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.