Kompas.com - 18/08/2022, 17:41 WIB

KOMPAS.COMBank Indonesia resmi mengeluarkan uang kertas baru pada Kamis (18/08/2022), bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI).

Melansir Kompas.com (18/08/2022), uang baru ini mempertahankan gambar pahlawan nasional serta tema kebudayaan Indonesia yang masing-masing dicetak pada bagian depan dan belakang uang.

Baca juga: 10 Bunga di Pecahan Uang Kertas Baru, Ada Sedap Malam

Salah satu tema kebudayaan yang ditunjukkan adalah gambar pemandangan alam dari berbagai destinasi wisata populer tanah air. Sebut saja Raja Ampat di Papua, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur.

Berikut  tujuh tempat wisata dalam uang baru 2022, seperti disusun Kompas.com.

7 tempat wisata pada uang baru 2022

1. Banda Neira

Pemandangan Gunung Api dari Benteng Hollandia di Lontor, Pulau Banda Besar. Banda Neira menjadi salah satu destinasi yang ada pada uang kertas baru.Kompas.com/Silvita Agmasari Pemandangan Gunung Api dari Benteng Hollandia di Lontor, Pulau Banda Besar. Banda Neira menjadi salah satu destinasi yang ada pada uang kertas baru.

Pada pecahan uang Rp 1.000, kita bisa melihat gambar pemandangan Banda Neira yang berada di Provinsi Maluku.

Mengutip situs resmi Bank Indonesia, Banda Neira terkenal sebagai pusat perdagangan pala dan fuli serta sumber rempah-rempah bernilai tinggi hingga abad ke-19.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Menginap di Banda Neira, Yuk Mampir...

Di Banda Neira tersedia beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Pulau Hatta dan Benteng Belgica. Selain itu, tersedia juga spot menyelam terkenal bernama Lava Flow.

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat. Ngarai Sianok menjadi salah satu destinasi yang ada pada uang kertas baru.SHUTTERSTOCK Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat. Ngarai Sianok menjadi salah satu destinasi yang ada pada uang kertas baru.

Pada pecahan uang Rp 2.000 tercetak gambar Ngarai Sianok yang berada di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Melansir situs resmi Bank Indonesia, Ngarai Sianok terbentuk akibat turunnya lempengan bumi sehingga menjadi patahan.

Baca juga: 5 Tips Keliling Ngarai Sianok di Sumatera Barat Naik Jip Offroad

Salah satu cara menikmati keindahan di Ngarai Sianok dapat dilakukan dengan menaiki jip off-road. Melansir Kompas.com (09/08/2022), harga jip ini berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 350.000.

Perjalanan akan berlangsung dari garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang hingga Kecamatan Pelupuh dan akan menghabiskan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam.

3. Gunung Bromo

Matahari terbit dari Bukit Kingkong, untuk melihat puncak Bromo, kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi yang ada pada uang kertas baru.MonkeyFoto/Shutterstock Matahari terbit dari Bukit Kingkong, untuk melihat puncak Bromo, kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi yang ada pada uang kertas baru.

Gunung Bromo juga tercetak pada salah satu uang baru, yakni pecahan Rp 5.000. Gunung ini berada di Provinsi Jawa Timur

Melansir situs resmi Bank Indonesia, gunung berapi yang masih berstatus aktif ini juga menjadi rumah bagi Suku Tengger. Di kawasan Gunung Bromo juga terdapat lembah lautan pasir seluas 10 km persegi.

Baca juga: 6 Wisata Sekitar Gunung Bromo, Ada Air Terjun Tertinggi di Jawa

Uniknya, lautan pasir ini juga dikenal sebagai pasir berbisik. Mengutip Kompas.com (16/06/2021), hal tersebut terjadi ketika angin bertiup sehingga butiran pasir yang terbang seakan menyerukan bisikan.

Panoramanya yang indah dari ketinggian membuat banyak orang gemar mendaki ke Gunung Bromo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.