Kompas.com - 18/08/2022, 19:29 WIB

KOMPAS.com - Dusun Semilir adalah tempat wisata keluarga yang berlokasi di Kabupaten Semarang. Tepatnya, di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dikutip dari Kompas.com, (01/05/2022), pengunjung yang datang ke Dusun Semilir bisa menjajal sejumlah aktivitas, seperti belanja, kulineran, mencoba permainan luar ruang (outdoor), dan bersantai sambil menikmati bangunan-bangunan unik di sana.

Baca juga: Dusun Semilir Semarang: Jam Buka, Harga Tiket, dan Aktivitas Wisatanya

Salah satu wahana terpopulernya adalah perosotan pelangi. Ada pula beberapa bangunan dengan bentuk unik, salah satunya bangunan berbentuk mirip stupa di Candi Borobudur.

Jika sedang berkunjung ke Bawen, khususnya Dusun Semilir, kamu juga bisa mampir ke beberapa destinasi lain yang jaraknya dekat dari lokasi tersebut. Berikut tempat wisata dekat Dusun Semilir, Kabupaten Semarang, yang juga bisa kamu kunjungi.

Tempat wisata dekat Dusun Semilir

1. Eling Bening

Eling Bening, salah satu tempat wisata dekat Dusun Semilir, di Kabupaten Semarang.Shutterstock Eling Bening, salah satu tempat wisata dekat Dusun Semilir, di Kabupaten Semarang.

Eling Bening adalah salah satu tempat wisata dekat Dusun Semilir. Lokasinya ada di Jalan sarjono, Bawen, Kabupaten Semarang.

Jaraknya sekitar 4,4 kilometer (km) dari Dusun Semilir atau bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 10 menit.

Dikutip dari Kompas.com (17/06/2022), Eling Bening berada di puncak bukit, sehingga menawarkan panorama indah dari ketinggian yang bisa dinikmati pengunjungnya.

Dari sana, pengunjung bisa melihat ke arah Danau Rawa Pening dengan perbukitan di sekelilingnya.

Baca juga: Rute ke Eling Bening Ambarawa, Dekat Jalan Utama Bawen-Ambarawa

Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa berfoto di beberapa spot Instagramable di sana, berenang, atau sekadar menikmati menu kuliner di kafe dan restoran yang tersedia.

Dikutip dari Instagram resminya, Eling Bening buka setiap hari. Jika ingin menjajal wahana, kamu bisa datang pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Sementara jika hanya ingin datang ke restoran bisa berkunjung mulai pukul 07.00 hingga 18.30 WIB.

Harga tiket masuk Eling Bening adalah Rp 25.000 untuk hari biasa dan Rp 35.000 untuk akhir pekan.

2. Kampung Kopi Banaran

Seorang pengunjung Kampoeng Kopi Banaran (KKB), Kabupaten Semarang, tengah menikmati paket wisata petik kopi.  Kampoeng Kopi Banaran adalah salah satu tempat wisata dekat Dusun Semilir.KOMPAS.COM/SYAHRUL MUNIR Seorang pengunjung Kampoeng Kopi Banaran (KKB), Kabupaten Semarang, tengah menikmati paket wisata petik kopi. Kampoeng Kopi Banaran adalah salah satu tempat wisata dekat Dusun Semilir.

Tempat wisata dekat Dusun Semilir lainnya adalah Kampung Kopi Banaran, yang berlokasi di Jalan Raya Bawen-Solo KM 1,5, Bawen, Kabupaten Semarang.

Jaraknya dari Dusun Semilir 7,5 km atau sekitar 15 menit jika dicapai menggunakan kendaraan.

Seperti namanya, pengunjung yang datang bisa menjelajahi kebun kopi sekaligus menikmati aktivitas lain, seperti menikmati panorama alam, menjajal aktivitas luar ruangan, dan berkemah.

Baca juga: 5 Aktivitas di Kampoeng Kopi Banaran, Bisa Off-Road di Kebun Kopi

Dikutip dari Kompas.com (25/04/2022), Kampoeng Kopi Banaran dikelilingi oleh tujuh gunung, sehingga menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan.

Tujuh gunung tersebut adalah Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Kelir.

Di sana, pengunjung juga bisa menjajal wahana air, barbeque, dan berkeliling menggunakan sepeda atau otoped.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.