Kompas.com - 19/08/2022, 09:36 WIB

KOMPAS.com - Brasil mencabut kewajiban pemakaian masker di bandara dan penerbangan karena mempertimbangkan situasi epidemiologis Covid-19 saat ini.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Pengatur Kesehatan Nasional Brasil (Anvisa) pada Rabu (17/08/2022).

Baca juga: Syarat Perjalanan Terbaru, Vaksin Baru 2 Dosis Harus PCR

Meski demikian, Anvisa tetap merekomendasikan penggunaan masker dan jaga jarak sosial sebagai langkah efektif menekan risiko penularan penyakit.

"Mempertimbangkan situasi saat ini, penggunaan masker yang diadopsi sebagai tindakan kesehatan kolektif (hanya) akan menjadi tindakan perlindungan individu," ungkap Anvisa, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (19/08/2022).

Baca juga: Naik Kereta Api Mulai 15 Agustus, Baru Vaksin 2 Kali Wajib PCR

Belum lama ini, tepatnya pada bulan Mei, Anvisa mulai mengizinkan layanan makanan di pesawat dan kapasitas penumpang maksimal bagi pesawat. Namun, saat itu aturan wajib masker tetap diberlakukan di pesawat dan beberapa area bandara.

Adapun kasus Covid-19 di Brasil mencatat sekitar 34,2 juta total kasus dengan lebih dari 682.000 kasus kematian, berdasarkan data yang diakses Jumat pagi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Brasil bukan yang pertama melonggarkan aturan memakai masker di pesawat. Di Eropa, misalnya, aturan tersebut sudah tidak diberlukan hampir di semua penerbangan.

Baca juga: Cara Naik Pesawat Saat Pandemi, Siapkan Sertifikat Vaksin

Dikutip dari Euro News, (11/05/2022), Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai bagian dari normalisasi perjalanan udara bagi penumpang dan awak kabin. Keputusan tersebut diambil bersama Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Eropa.

"Mempertimbangkan perkembangan terbaru, khususnya tingkat vaksinasi dan kekebalan yang diperoleh secara alami, pencabutan pembatasan semakin banyak dilakukan di negara Eropa," tulis pernyataan kedua lembaga tersebut, seperti dikutip Euro News.

Baca juga: 7 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah, Cari Waktu yang Tepat untuk Memesan

Kendati demikian, para penumpang tetap diwajibkan saling menghormati. Bagi penumpang yang sedang dalam keadaan tidak sehat dan menunjukkan gejala seperti batuk atau bersin perlu mempertimbangkan penggunaan masker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.