Kompas.com - 19/08/2022, 13:04 WIB

KOMPAS.com - Situ Ciburuy di Desa Pamalayan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini telah bersolek menjadi lebih indah dan tertata rapi, tanpa mengesampingkan fungsi air baku dan irigasinya.

Dikutip dari rilis humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat, peresmian kembali Situ Ciburuy setelah direvitalisasi dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Sabtu (13/08/2022).

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Lembang, Seru buat Liburan Bareng Keluarga

Ia berharap, Situ Ciburuy bisa semakin melengkapi destinasi wisata yang ada di KBB.

"Revitalisasi Ciburuy selesai, yang dulu kurang tertata, warung-warungnya kumuh, sekarang sudah bisa dilihat rapi, bersih, warga bisa berinteraksi dengan nyaman, UMKM-nya juga kita fasilitasi," tutur Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, seperti dikutip dari rilis humas Pemprov Jabar.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Bandung Selatan, Bisa Kemah di Alam Terbuka

Bisa untuk memancing dan kulineran

Adapun revitalisasi Situ Ciburuy oleh Pemprov Jabar itu dilakukan sejak 2019, dengan total anggaran Rp 32 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di dua tahun anggaran.

Emil menambahkan, situ, danau, atau sungai yang berada dwkat dengan pemukiman idealnya tak hanya berfungsi sebagai ekosistem air, melainkan harus dilengkapi fungsi tambahan seperti sosial dan pariwisata.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Ia melihat antusiasme warga sekitar cukup besar untuk melihat situ seluas 41 hektar tersebut ditata menjadi lebih rapi dan indah.

Baca juga: 13 Wisata Instagramable Bandung, Banyak Tempat Foto Seperti di Eropa

Sejak dulu, Situ Ciburuy dikenal sebagai situ yang ikannya sulit dipancing.

Kini, untuk memudahkan pengunjung, Emil bersama Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menebarkan sekitar 77.000 benih ikan di Situ Ciburuy.

Pengunjung yang sekadar ingin singgah atau bersantai bisa duduk di area peristirahatan (rest area) yang tersedia sambil menikmati kudapan atau melihat produk UMKM lokal.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Bandung Dekat Gedung Sate, Mampir ke Braga

Adapun Situ Ciburuy biasa dimanfaatkan sebagai rest area bagi pelaku perjalanan, baik dari arah Bandung menuju Cianjur, maupun sebaliknya.

"Ini bisa kembali lagi menjadi rest area untuk pelaju perjalanan, berhentilah dulu karena di sini ada kegiatan jual beli barang dari produk UMKM kebanggaan KBB, juga kulinernya yang khas sambil melihat situ yang kini sudah representatif," tuturnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.