Kompas.com - 20/08/2022, 07:33 WIB

KOMPAS.com - Konon, Desa Wisata Sudaji di Kabupaten Buleleng, Bali, merupakan salah satu desa tua. Namanya berawal dari Sari Aji yang kemudian berganti menjadi Sudaji, dengan "Suda" berarti bersih dan "Aji" berarti ajaran.

Berlokasi di dataran tinggi, Desa Wisata Sudaji masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 atau ADWI 2022, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga:

Desa seluas 1.834,55 hektar ini berjarak 89 - 97 kilometer (km) dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dengan waktu berkendara hingga 2 jam 40 menit.

Desa ini memiliki iklim tropis, sehingga tanahnya cocok ditanami aneka tanaman, antara lain padi dan kacang-kacangan. Ada juga buah durian, mangga, rambutan, dan manggis.

"Yang menarik dari Desa Wisata Sudaji adalah kekuatan pertanian yang terus berkembang dan meningkat. Desa Wisata Sudaji ini juga dapat menjadi penopang kekuatan dan ketahanan pangan bukan hanya di Bali tapi di seluruh Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaf) Sandiaga Uno, dikutip dari keterangan resmi Kemenparekraf, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Bali, Mampir Kintamani dan Ubud

Punya tempat meditasi dan healing

Desa, yang tengah mengembangkan community-based tourism (pariwisata berbasis masyarakat), ini memiliki hutan buatan bernama Hutan Namaste. Di hutan ini, wisatawan bisa melakukan meditasi, serta terdapat pohon yang menyerupai gua atau pintu.

Selain itu, salah satu homestay di desa wisata ini, Om Unity Bali, meraih predikat tempat healing keempat terbaik se-Bali. Bangunannya terbuat dari bambu dan dikelilingi pepohonan, sedangkan kamar mandinya dilengkapi lantai berbatu hitam.

Baca juga: 13 Kosakata Bahasa Bali Punya Arti Beda dari Daerah Lain, Jangan Salah

Desa Wisata Sudaji masih mempertahankan budaya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Sudaji di Kabupaten Buleleng, Bali, pada Jumat (19/8/2022).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Sudaji di Kabupaten Buleleng, Bali, pada Jumat (19/8/2022).

Warga di Desa Wisata Sudaji masih mempertahankan seni budaya yang ada. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.