Kompas.com - 22/08/2022, 11:15 WIB

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II baru saja menggelar Travelin Fest di Bandara Soekarno-Hatta pada 13-17 Agustus 2022.

Melihat antusiasme yang cukup baik, AP II pun menetapkan Travelin Fest menjadi agenda tahunan.

Baca juga: Travelin Fest Digelar di Bandara Soekarno-Hatta, Tawarkan Aneka Promo

“Para peserta juga mengungkapkan bahwa mereka ingin kembali berpartisipasi jika Travelin Fest kembali digelar. Untuk itu, melihat respons yang ada dan juga memperhatikan berbagai masukan, maka AP II menetapkan Travelin Fest akan digelar setiap tahun sebagai upaya terus menggeliatkan penerbangan dan pariwisata nasional, dan tentunya dengan juga dilakukan berbagai perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaannya,” ujar Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/08/2022).

Travelin Fest merupakan kali pertama AP II menggelar travel fair. Untuk itu, Awaluddin berharap, masukan yang didapatkan selama acara berlangsung bisa menjadikannya lebih baik di tahun mendatang.

Adapun Travelin Fest adalah tempat satu atap yang menyediakan kebutuhan para pelaku perjalanan untuk melakukan perjalanan wisata.

Sebanyak tujuh maskapai nasional, lima maskapai asing, tujuh agen perjalanan, dua hotelier, dua perusahaan pendukung perjalanan, dan satu perusahaan layanan transportasi berpartisipasi dalam gelaran tersebut.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Melambung, Bus Jakarta-Bali Jadi Opsi

Sementara Airport Town Festival dan Local Creative Festival didukung oleh enam instansi pemerintah kota/kabupaten bersama UMKM setempat dan memperkenalkan lebih dari 3.800 produk UMKM.

Pengunjung mencari informasi di Travel Fair yang bertema Travelin Fest di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (13/8/2022). Travel Fair yang menghadirkan sejumlah maskapai dalam dan luar negeri serta biro perjalanan ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi PT Angkasa Pura II yang ke- 38 yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 Agustus 2022. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL Pengunjung mencari informasi di Travel Fair yang bertema Travelin Fest di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (13/8/2022). Travel Fair yang menghadirkan sejumlah maskapai dalam dan luar negeri serta biro perjalanan ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi PT Angkasa Pura II yang ke- 38 yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 Agustus 2022. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.

Agenda ini adalah bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekosistem pariwisata.

Penyelenggaraan Travelin Fest juga diganjar rekor dunia MURI untuk jumlah produk lokal mencapai lebih dari 3.800 produk.

Baca juga: 7 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah, Cari Waktu yang Tepat untuk Memesan

Dalam lima hari penyelenggaraan, AP II mengklaim Travelin Fest mencatat total ransaksi mencapai sekitar Rp 500 juta.

Awaluddin berharap, ke depannya gelaran serupa bisa digelar di kota dan bandara lain.

“Travelin Fest sebagai salah satu sarana atau fasilitas mendorong tumbuhnya ekosistem pariwisata secara bersama-sama termasuk maskapai, travel agent dan UMKM. Kami berharap inisiatif ini ke depannya juga bisa digelar di setiap kota dan di setiap bandara," tuturnya.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Melonjak, Jumlah Penumpang Kapal Pelni Naik

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.