Kompas.com - 22/08/2022, 20:39 WIB

KOMPAS.com - Pendaki warga negara asing (WNA) asal Portugal yang jatuh di puncak Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (18/8/2022), akhirnya berhasil dievakuasi pada Senin (22/8/2022).

Berdasarkan keterangan resmi yang Kompas.com terima dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Senin, korban berhasil dievakuasi pada pukul 14.22 Wita. 

Untuk diketahui, tim evakuasi menuju TKP (tempat kejadian perkara) pukul 03.00 Wita. 

Baca juga:

Pada pukul 09.45 Wita, tim tiba di puncak Gunung Rinjani, kemudian melakukan asesmen, menyiapkan peralatan, dan turun mengevakuasi korban. 

Selanjutnya pada pukul 14.22 Wita, korban dievakuasi dan dimasukkan ke kantung jenazah. 

Baca juga: Tanggapi Pendaki Rinjani yang Jatuh, Kemenparekraf Imbau Tingkatkan Keamanan

Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah pendaki berkebangsaan Portugis yang jatuh di tebing kawah Gunung RinjaniDok. Humas SAR Mataram Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah pendaki berkebangsaan Portugis yang jatuh di tebing kawah Gunung Rinjani

Pukul 15.05 Wita, tim membawa jenazah turun menuju Pelawangan Sembalun, lalu ke Posko Evakuasi di Sembalun.

"Terima kasih disampaikan kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga jenazah korban berhasil dievakuasi," bunyi keterangan tersebut.

Baca juga: 5 Tips Mendaki Gunung Rinjani NTB buat Pemula, Pahami Prosedur

Adapun proses evakuasi telah dilakukan sejak beberapa hari lalu dan jenazah sudah ditemukan, namun proses evakuasi mengalami kendala. 

"(Jenazah) sudah ditemukan, cuma terkendala medan tempat jatuhnya korban agak sulit untuk dijangkau," tutur pemandu pendakian Gunung Rinjani, Anka Songket, kepada Kompas.com, Senin.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat, korban terjatuh sejauh 150 meter dari lereng bagian barat laut atau menghadap ke Danau Segara Anak. 

Sebelum terjatuh, korban dikabarkan tengah berswafoto di puncak Gunung Rinjani yang tidak terlalu luas. 

Baca juga: 5.000 Pendaki Kena Blacklist di Gunung Rinjani NTB

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.