Kompas.com - 23/08/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Salah satu byek wisata alam yang belakangan ini diminati di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, adalah Goa Pindul.

Tidak hanya melihat stalaktit dan stalakmit, pengunjung di tempat wisata ini juga bisa merasakan sensasi menyusuri gua dengan menggunakan ban yang mengapung di sungai bawah tanah.

Sebagai informasi, penyusuran Goa Pindul bisa dilakukan oleh anak dari usia tiga tahun ke atas.

Baca juga:

Menurut seorang pemandu wisata bernama Sugito, wisata susur gua ini aman karena wisatawan memakai pelampung, alirannya tenang bahkan nyaris tidak ada arus, serta ban yang digunakan sebagai tempat duduk wisatawan saling menyatu sama sama lain.

Panjang Goa Pindul sendiri adalah sekitar 350 meter, dan dapat ditempuh dalam waktu 45 menit hingga satu jam.

Baca juga: Masa Tinggal Wisatawan di Gunungkidul Diharapkan Bisa Sampai 3 Hari

Jika tertarik berkunjung ke Goa Pindul yang ada di Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo ini, simak dulu beberapa tips yang sudah Kompas.com rangkum. 

7 tips wisata ke Goa Pindul Gunungkidul

1. Pakai tabir surya

Pintu masuk wisata Goa Pindul di Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pintu masuk wisata Goa Pindul di Gunungkidul, Yogyakarta.

Goa Pindul beroperasi dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Saat Kompas.com berkunjung ke gua sekitar pukul 10.00 WIB, sinar matahari terasa cukup panas dan menyengat. 

Sebenarnya, selama di dalam gua, kamu tidak akan terkena cahaya matahari karena terlindungi atap gua. Namun, dari basecamp atau tempat kedatangan menuju pintu masuk gua, kamu harus berjalan kaki sekitar 150 meter. 

Baca juga: Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Wisata Sambil Makan Seafood Murah

Begitu pun saat keluar dari Goa Pindul, kamu akan berjalan kaki sedikit, kemudian naik sebuah truk terbuka yang diberi nama Pajero alias Panas Jobo Jero. 

Sehingga kamu sebaiknya memakai tabir surya (sunscreen) untuk melindungi diri dari sengatan panas matahari, terutama jika kulitmu sensitif. 

2. Pakai kacamata hitam atau topi

Pemandu wisata Goa Pindul memberikan arahan kepada wisatawan sebelum mulai susur goa. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pemandu wisata Goa Pindul memberikan arahan kepada wisatawan sebelum mulai susur goa.

Berkaitan dengan tips sebelumnya, kamu bisa memakai kacamata hitam atau topi jika ingin melindungi mata dari terik matahari. 

Untuk topi, sebaiknya tidak pakai yang berwarna putih, agar tidak cepat kotor setelah bermain air di dalam gua.

Meski kamu tidak menyeburkan diri ke air sungai, ada kalanya air menetes dari stalaktit, sehingga ada kemungkinan topimu juga bisa terkena noda.

Selain itu, ada banyak kelelawar yang beterbangan di atap gua dan mungkin saja mengeluarkan air seni.

Baca juga: 5 Wisata Gunungkidul Lantai Dua, Indahnya Alam Perbukitan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.