Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Dieng Culture Festival Diimbau Siap dengan Suhu Dingin

Kompas.com - 23/08/2022, 19:06 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Wisatawang yang akan hadir dalam Dieng Culture Festival XIII (DCF XIII) pada 2-4 September 2022 diimbau untuk menyiapkan diri dengan suhu dingin di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Bagi wisatawan yang belum pernah kenginap di daerah bersuhu sangat dingin seperti Dieng, kami saran harus dalam kondisi sehat dan senantiasa mengonsumsi vitamin," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa dan Ketua Panitia DCF XIII, Alif Faozi, dikutip dari Antara, Selasa (23/8/2022).

Baca juga:

Ia juga menganjurkan wisatawan yang ingin menginap untuk mengenakan pakaian dobel dan jaket tebal, misalnya seperti jaket polar dengan bulu angsa di bagian dalamnya.

"Kami juga imbau wisatawan (yang) berkunjung ke Dieng agar sering berkoordinasi dengan panitia. Kami sudah bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Dinas Kesehatan, PMI (Palang Merah Indonesia), dan sebagainya," ujarnya.

Baca juga: 5 Gunung di Sekitar Wisata Dieng, Bisa Sekalian Mendaki

Fenomena embun upas yang sering dikira salju di kawasan Candi Arjuno, Dieng. (Shutterstock/Bakhtiar Rakhman)Shutterstock/Bakhtiar Rakhman Fenomena embun upas yang sering dikira salju di kawasan Candi Arjuno, Dieng. (Shutterstock/Bakhtiar Rakhman)

Bila wisatawan ingin melihat fenomena embun upas yang muncul jika suhu udara di Dieng di bawah 0 derajat celsius, ia mengatakan bahwa mereka bisa menikmatinya di sekitar Kompleks Candi Arjuna dan Lapangan Pandawa. 

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (26/7/2022), embun upas juga dikenal sebagai embun es. Munculnya fenomena ini sulit diprediksi.

Baca juga: 7 Tips Melihat Fenomena Embun Upas di Dieng dan Bromo 

Untuk diketahui, tahun ini DCF XIII digelar secara luring untuk pertama kalinya usai dilaksanakan secara hybrid selama dua tahun. 

Salah satu kegiatan yang paling dinanti adalah ruwatan anak berambut gimbal atau pada hari kedua DCF XIII.

Baca juga: Embun Upas Dieng Muncul Lagi, Ini Waktu Terbaik untuk Melihatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com