Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2022, 19:06 WIB

KOMPAS.com - Wisatawang yang akan hadir dalam Dieng Culture Festival XIII (DCF XIII) pada 2-4 September 2022 diimbau untuk menyiapkan diri dengan suhu dingin di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Bagi wisatawan yang belum pernah kenginap di daerah bersuhu sangat dingin seperti Dieng, kami saran harus dalam kondisi sehat dan senantiasa mengonsumsi vitamin," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa dan Ketua Panitia DCF XIII, Alif Faozi, dikutip dari Antara, Selasa (23/8/2022).

Baca juga:

Ia juga menganjurkan wisatawan yang ingin menginap untuk mengenakan pakaian dobel dan jaket tebal, misalnya seperti jaket polar dengan bulu angsa di bagian dalamnya.

"Kami juga imbau wisatawan (yang) berkunjung ke Dieng agar sering berkoordinasi dengan panitia. Kami sudah bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Dinas Kesehatan, PMI (Palang Merah Indonesia), dan sebagainya," ujarnya.

Baca juga: 5 Gunung di Sekitar Wisata Dieng, Bisa Sekalian Mendaki

Fenomena embun upas yang sering dikira salju di kawasan Candi Arjuno, Dieng. (Shutterstock/Bakhtiar Rakhman)Shutterstock/Bakhtiar Rakhman Fenomena embun upas yang sering dikira salju di kawasan Candi Arjuno, Dieng. (Shutterstock/Bakhtiar Rakhman)

Bila wisatawan ingin melihat fenomena embun upas yang muncul jika suhu udara di Dieng di bawah 0 derajat celsius, ia mengatakan bahwa mereka bisa menikmatinya di sekitar Kompleks Candi Arjuna dan Lapangan Pandawa. 

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (26/7/2022), embun upas juga dikenal sebagai embun es. Munculnya fenomena ini sulit diprediksi.

Baca juga: 7 Tips Melihat Fenomena Embun Upas di Dieng dan Bromo 

Untuk diketahui, tahun ini DCF XIII digelar secara luring untuk pertama kalinya usai dilaksanakan secara hybrid selama dua tahun. 

Salah satu kegiatan yang paling dinanti adalah ruwatan anak berambut gimbal atau pada hari kedua DCF XIII.

Baca juga: Embun Upas Dieng Muncul Lagi, Ini Waktu Terbaik untuk Melihatnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+