Kompas.com - 24/08/2022, 07:07 WIB

KOMPAS.com - Kawasan Goa Pindul yang berada di Dusun Gelaran, Desa Wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki beragam atraksi wisata yang bisa dipilih.

Goa Pindul sendiri merupakan tempat wisata minat khusus karst dan adventure cave tubing (petualangan susur gua) yang menyajikan pesona alam yang masih alami.

Baca juga:

Tidak hanya susur gua, wisatawan bisa memilih beragam aktivitas wisata lainnya, dari off-road, outbound, trekking, hingga atraksi kesenian.

"Di sini ada beberapa paket wisata, susur Goa Pindul saja Rp 50.000, river tubing Oya Rp 60.000, dan lainnya. Tapi yang paling favorit itu susur Goa Pindul," jelas pemandu wisata di operator Wirawisata Goa Pindul, Sugito, kepada Kompas.com, Jumat (19/8/2022). 

Goa Pindul Wirawisata, desa binaan BCA yang menjadi salah satu pelopor operator penyedia jasa wisata di kawasan Goa Pindul. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Goa Pindul Wirawisata, desa binaan BCA yang menjadi salah satu pelopor operator penyedia jasa wisata di kawasan Goa Pindul.

Menurut Sugito, Wirawisata Goa Pindul memiliki harga yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan beberapa operator lainnya. Namun, bila operator lain menyediakan pemandu untuk rombongan 15 orang, pihaknya menyiapkan dua orang pemandu untuk jumlah rombongan yang sama. 

Baca juga: Potensi Pariwisata Gunungkidul, dari Alam hingga Budaya

Penasaran apa saja kegiatan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Goa Pindul di Gunungkidul? Simak informasi yang Kompas.com rangkum berikut ini. 

7 kegiatan wisata di kawasan Goa Pindul

1. Cave tubing Pindul

Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Goa Pindul dikenal berkat kegiatan menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua.

Selama menyusuri gua dengan ban sembari mendengar gemercik air, akan tampak stalagmit dan stalaktit yang terlihat menakjubkan.

Adapun Goa Pindul sendiri terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona terang, zona remang-remang, dan zona gelap abadi yang memiliki cerita masing masing.

Kegiatan ini aman untuk semua usia, sebab wisatawan hanya perlu duduk dengan pelampung yang saling menyatu satu sama lain, dan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman. 

Dengan panjang gua 350 meter, aktivitas susur Goa Pindul membutuhkan durasi 45 menit hingga satu jam. 

Biaya susur Goa Pindul untuk wisatawan nusantara (wisnus) mulai dari Rp 50.000 per orang, dan wisatawan mancanegara (wisman) mulai dari Rp 100.000 per orang. 

Baca juga: Pantai Ngrenehan Gunungkidul, Wisata Sambil Makan Seafood Murah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.