Kompas.com - 24/08/2022, 12:07 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki beragam tempat wisata yang potensial, namun hal itu terkendala oleh sumber daya yang ada.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan, Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut, mengatakan bahwa masih banyak calon-calon tempat wisata menarik yang bisa dikembangkan.

Baca juga:

Namun, karena keterbatasan sumber daya, pengembangan tersebut belum bisa dilaksanakan.

"Saat ini sedang optimalkan destinasi lain selain Taman Nasional Komodo, seperti Cunca Wulang dan Gua Rangko," kata Pius saat ditemui di Labuan Bajo, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Gua Rangko Nan Indah yang Belum Siap Terima Wisatawan

Mulut Gua Rangko yang terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat. Aliran kolam di dalam terletak tak jauh dari bibir gua yakni sekitar 2-3 meter.Rizal Agustin / @mrizag Mulut Gua Rangko yang terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat. Aliran kolam di dalam terletak tak jauh dari bibir gua yakni sekitar 2-3 meter.

Ia melanjutkan, saat ini juga pihaknya sedang fokus penguatan kelembagaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar dapat mengelola tempat wisata tersebut dengan baik.

Tidak hanya itu, tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat juga memiliki program Fasilitas Masyarakat Desa Wisata (Fasmadewi) dua desa di Manggarai Barat.

Baca juga:

"Fasdewi ini kita kembangkan di dua desa wisata yaitu Desa Loha dan Desa Coal. Dua desa ini potensial untuk dikembangkan, bahkan Desa Coal sudah mendapat penghargaan Creative Destination Award, kategori Youth," tuturnya.

Pemerintah Daerah, kata dia, akan mendorong Pemerintah Desa untuk memperkuat kelembagaan Pokdarwis dan Faswadewi agar proaktif dalam membangun daya tarik wisata.

Baca juga: Berburu Matahari Terbenam di Pantai Nanga Lirang NTT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.