Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Tempat Wisata di Manggarai Barat Terhalang Sumber Daya

Kompas.com - 24/08/2022, 12:07 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki beragam tempat wisata yang potensial, namun hal itu terkendala oleh sumber daya yang ada.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan, Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut, mengatakan bahwa masih banyak calon-calon tempat wisata menarik yang bisa dikembangkan.

Baca juga:

Namun, karena keterbatasan sumber daya, pengembangan tersebut belum bisa dilaksanakan.

"Saat ini sedang optimalkan destinasi lain selain Taman Nasional Komodo, seperti Cunca Wulang dan Gua Rangko," kata Pius saat ditemui di Labuan Bajo, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Gua Rangko Nan Indah yang Belum Siap Terima Wisatawan

Mulut Gua Rangko yang terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat. Aliran kolam di dalam terletak tak jauh dari bibir gua yakni sekitar 2-3 meter.Rizal Agustin / @mrizag Mulut Gua Rangko yang terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat. Aliran kolam di dalam terletak tak jauh dari bibir gua yakni sekitar 2-3 meter.

Ia melanjutkan, saat ini juga pihaknya sedang fokus penguatan kelembagaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar dapat mengelola tempat wisata tersebut dengan baik.

Tidak hanya itu, tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat juga memiliki program Fasilitas Masyarakat Desa Wisata (Fasmadewi) dua desa di Manggarai Barat.

Baca juga:

"Fasdewi ini kita kembangkan di dua desa wisata yaitu Desa Loha dan Desa Coal. Dua desa ini potensial untuk dikembangkan, bahkan Desa Coal sudah mendapat penghargaan Creative Destination Award, kategori Youth," tuturnya.

Pemerintah Daerah, kata dia, akan mendorong Pemerintah Desa untuk memperkuat kelembagaan Pokdarwis dan Faswadewi agar proaktif dalam membangun daya tarik wisata.

Baca juga: Berburu Matahari Terbenam di Pantai Nanga Lirang NTT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com