Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Prawirotaman Yogya Ditargetkan Bantu Gaet Wisman

Kompas.com - 24/08/2022, 16:06 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Festival Prawirotaman pada 27 Agustus 2022.

Bulan Agustus dipilih sebagai waktu penyelenggaraan karena bulan ini merupakan puncak kunjungan wisatawan dari luar negeri. Adapun bulan Juli, Agustus, dan September disebut merupakan peak season atau musim puncak kunjungan wisatawan mancanegara di Kota Gudeg.

Baca juga: Festival Prawirotaman 2022 di Yogya Digelar 27 Agustus

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan bahwa Festival Prawirotaman diselenggarakan setiap tahun. Namun, baru dua kali ini penyelenggaraannya diambil alih oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

"Sebelumnya digelar oleh komunitas Prawirotaman, Pemkot mencoba mengambil alih festival ini untuk promosikan potensi wisata di Prawirotaman," katanya di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (24/08/2022).

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Ia meyakini, festival ini mampu membantu menarik minat wisatawan mancanegara sebab Prawirotaman memang sudah dikenal sebagai kampung internasional. Setiap tahunnya, daerah tersebut selalu didatangi wisatawan mancanegara.

"Kami coba manfaatkan momentum itu untuk membuat festival sesuai dengan potensi budaya di Prawirotaman," kata dia.

Selama 2022, Dinpar Kota Yogyakarta mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Kota Yogyakarta berkisar 10 persen dari jumlah keseluruhan wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta atau 3,9 juta wisatawan. 

"Wisatawan hingga Agustus sekitar 3,9 juta. Wisman kurang lebih 10 persen dari jumlah itu," ucapnya.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta untuk Liburan Murah

Adapun Festival Prawirotaman 2022 akan digelar di sepanjang Jalan Prawirotaman pada 27 Agustus 2022.

Menurut situs visitingjogja, festival bertema "Manunggal Mendunia" itu akan berlangsung mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai.

Baca juga: 7 Wisata Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Tahun ini, Festival Prawirotaman akan diisi oleh aktivitas seperti pertunjukan seni dan budaya, parade budaya, bazaar, dan orkestra.

Menurut media sosial Dinas Pariwisata Kota Jogja, di acara tersebut nantinya juga akan digelar peragaan busana di jalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com