Kompas.com - 24/08/2022, 18:49 WIB

KOMPAS.com - Wisata Goa Pindul di Dusun Gelaran, Desa Wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memiliki beragam atraksi wisata.

Di sana, pengunjung bisa menjajal susur goa, baik Goa Pindul maupun Goa Kristal -yang berjarak sekitar 5 menit berjalan kaki dari Goa Pindul.

Baca juga: 7 Tips Jelajah Goa Pindul di Gunungkidul, Lindungi Ponsel

Selain itu, ada pula aktivitas menjelajahi pedesaan, sungai, dan hutan sekitar naik jip offroadoutbound, kulineran, belajar kesenian dan budaya setempat, hingga menginap di homestay.

Berapa kisaran harga untuk menjajal aktivitas di atas? Berikut rinciannya.

Paket wisata di Goa Pindul

Jalur masuk wisata Goa Pindul di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Jalur masuk wisata Goa Pindul di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Ada beberapa operator wisata di kawasan Goa Pindul. Ketika menjajal wisata di kawasan ini, Kompas.com didampingi oleh Wirawisata Goa Pindul, operator wisata yang dikelola oleh karang taruna setempat bersama CSR PT BCA.

Sebelumnya, ulasan lengkap tentang aktivitas yang bisa kamu lakukan di Goa Pindul bisa dibaca pada tautan ini.

Berikut beberapa harga paket wisata dan aktivitas yang bisa dilakukan:

1. Cave Tubing Pindul (Susur Goa Pindul)

Menyusuri goa sambil menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam goa bisa kamu lakukan dengan biaya Rp 50.000 per orang. Susur Goa Pindul berdurasi selama 45 menit hingga satu jam.

Baca juga: 18 Wisata Pantai di Jogja Wilayah Gunungkidul yang Paling Terkenal

2. River Kali Oyo

Rafting Kali Oyo atau river tubing Sungai Oyo mirip dengan susur Goa Pindul, namun berdurasi 1-2 jam dan berhenti di air terjun Pengantin. Biayanya Rp 60.000 per orang.

3. Cave Boating Tanding

Menyusuri sungai bawah tanah di dalam goa dengan menggunakan boat atau kapal selama 1,5 jam. Biayanya Rp 150.000 per orang.

Baca juga: Lama Tinggal Wisatawan di Gunungkidul Kurang dari 2 Hari

4. Goa Kristal

Menyusuri goa kering dengan panjang 350 meter. Biayanya Rp 40.000 per orang.

5. Jip offroad

Jip offroad di kawasan Goa Pindul, Gunungkidul. Dok. Wirawisata Goa Pindul Jip offroad di kawasan Goa Pindul, Gunungkidul.

Naik jip menyusuri medan yang menarik, dari jalanan pedesaan, hutan minyak kayu putih, hingga melewati sungai Oyo. Biayanya Rp 500.000 per jip berisi empat orang.

6. Paket outbound

Paket outbound berisi permainan yang bisa meningkatkan kreativitas, membangun jiwa kepemimpinan, hingga kerjasama tim selama setengah hari, dilanjutkan dengan susur Goa Pindul. Biayanya Rp 60.000 per orang.

Baca juga: Potensi Pariwisata Gunungkidul, dari Alam hingga Budaya

7. Paket kesenian dan budaya

Paket pertunjukan kesenian di Wirawisata Goa Pindul:

Gejok Lesung Rp 500.000, Wayang Beber Rp 4 juta, Wayang Sada Rp 300.000 (untuk praktik langsung pembuatan 1 wayang ukuran mini Rp 15.000 per orang, minimal 20 orang), Campursari Rp 1 juta, Jathilan Rp 3 juta, Elektone Rp 1,5 juta, dan Reog Rp 2,5 juta.

Paket belajar kerajinan:

Membuat topeng batik, membuat wayang sodo, dan membuat blangkon, masing-masing Rp 50.000 per orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.