Kompas.com - 25/08/2022, 14:57 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Badan Pelaksana Otorita Borobudur atau BPOB tengah melebarkan pengembangan pariwisata di Jawa Timur. Pemerataan destinasi wisata menjadi tujuannya. 

Direktur Utama BPOB, Indah Juanita mengatakan, empat daerah kota/kabupaten di Jawa Timur yang pariwisatanya tengah berupaya dikembangkan, yaitu Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan. 

Baca juga: 13 Pantai dengan Sunset Terindah di Jawa Timur

Ada beberapa hal yang sudah dilakukan dalam pengembangan kawasan pariwisata di Jawa Timur. Di Pacitan, misalnya, BPOB berupaya membuat konten-konten kreatif yang bisa dimanfaatkan bagian dari pemasaran pariwisata. 

"Di Pacitan kami lakukan pengkayaan konten, kami bawa fotografer, setelah kami buat diserahkan ke Dispartanya (Dinas Pariwisata) jadi materi promosi," kata Indah saat diwawancarai di Universitas Brawijaya pada Rabu (24/08/2022).

Beberapa destinasi wisata di Pacitan yang dianggap potensial untuk lebih dikembangkan, seperti Goa Gong dengan beragam stalaktit dan stalagmitnya, serta Sungai Maron yang kerap disebut mirip dengan Sungai Amazon di Amerika Serikat.

Keindahan batuan di Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur dengan warna-warni dari lampu sorot. Goa Gong menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang akan lebih dikembangkan.Nicholas Ryan Aditya Keindahan batuan di Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur dengan warna-warni dari lampu sorot. Goa Gong menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang akan lebih dikembangkan.

Selain itu, di Kabupaten Ngawi, misalnya, ada beberapa destinasi yang juga dinilai potensial untuk dikembangkan, seperti Benteng Pendem atau Benteng Van den Bosch yang sedang direvitalisasi.

Baca juga: Benteng Pendem Ngawi Bakal Dipercantik dengan Wisata Air

Adapun revitalisasi Benteng Pendem kini sudah hampir rampung. Pengerjaannya ditargetkan selesai selambatnya Januari 2023.

"Begitu juga di Ngawi terdapat situs-situs yang menarik yang sedang kami kembangkan. Karena di Ngawi juga terdapat Benteng Pendem peninggalan Belanda yang menjadi ikon baru," katanya. 

Adapun pengembangan kawasan pariwisata di Jawa Timur dilakukan sesuai amanah Peraturan Presiden Nomor 46 tahun 2017 tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Borobudur. 

Baca juga: 6 Tempat Glamping di Jawa Timur, Pas untuk Akhir Pekan

Indah menjelaskan, BPOB memiliki tugas koordinatif untuk mensinkronisasi dan mendampingi pengembangan kepariwisataan di 30 kota/kabupaten. 

Wilayah koordinatif tersebut berada di tiga destinasi pariwisata nasional, yaitu Yogyakarta-Borobudur, Semarang-Karimunjawa, dan Solo-Sangiran.

"Empat kabupaten/kota di Jawa Timur (yang jadi fokus pengembangan) ini berada di Solo-Sangiran yaitu Solo Raya, Salatiga, Boyolali, Karanganyar, Gunungkidul, Ponorogo, Ngawi, Pacitan dan Magetan," ucap Indah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.