Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Marisa di Pulau Kangge NTT Garap 3 Situs Ekowisata

Kompas.com - 26/08/2022, 06:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

ALOR, KOMPAS.com - Desa Marisa di Pulau Kangge, Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), telah ditetapkan sebagai tempat wisata oleh Pemerintah Kabupaten Alor dan sedang dalam tahap pengembangan potensi ekowisata.

Tiga lokasi unggulan yang tengah menjadi fokus Pokdarwis (kelompok sadar wisata) setempat melingkupi Watu Peti, Boluwai Loro, dan Pasir Panjang.

Baca juga: Pantai Sebanjar Alor NTT, Wisata Pasir Putih dan Sunset yang Menawan

"Saat ini kita punya tiga spot unggulan, ada Watu Peti, itu daerah pantai yang punya bebatuan besar menyerupai peti. Lalu ada Boluwai Loro, semacam kolam (warga Alor menyebutnya kolam lantaran permukaan laut tersebut cukup tenang) berpasir putih, dan Pasir Panjang," tutur Ketua Pokdarwis Desa Marisa, Rahmat Laba, kepada Kompas.com dalam acara Reward Trip ke Alor bersama Epson dan WWF, Kamis (25/8/2022).

Lebih lanjut, kata Rahmat, Boluwai dan Watu Peti adalah dua lokasi yang sedang difokuskan untuk pengembangan ekowisata melalui perbaikan terumbu karang yang sempat rusak akibat aktivitas wisata.

Baca juga: Wisata di Alor NTT Akan Ditata, Libatkan Masyarakat Lokal

Gapura masuk ke Pulau Kangge, Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.com/Wasti Samaria Simangunsong Gapura masuk ke Pulau Kangge, Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur.

Perbaikan ini dilakukan dengan metode rock pile (rumah ikan) yang diinisiasi oleh Epson dan WWF Indonesia.

Di samping kondisi terumbu karang yang kian membaik, nyatanya metode tersebut juga berdampak signifikan terhadap peningkatan jumlah ikan tangkapan nelayan.

Baca juga:

"Secara ekonomi, dengan metode rock pile ini hasil tangkapan ikan lebih banyak, perbedaannya signifikan setiap kali mereka melaut, tentu saja berdampak terhadap ekonominya karena masyarakat di sini mayoritas nelayan," tutur Rahmat.

Melihat dampak positif itulah, Rahmat mengatakan pihaknya akan serius melakukan pendekatan berbasis ekowisata di tiga lokasi unggulan Desa Marisa ini.

Baca juga: Apa yang Menarik di Alor? Menikmati Sunset dari Bukit Hulnani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com