Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trisakti Sadarehe, Jalur Pendakian Baru Gunung Ciremai

Kompas.com - 26/08/2022, 20:06 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) meresmikan jalur pendakian baru ke Gunung Ciremai yakni Trisakti Sadarehe, Kamis (25/8/2022). Saat ini total ada lima jalur pendakian ke gunung tertinggi di Jawa Barat ini.

"Hari ini kami resmikan jalur pendakian Trisakti Sadarehe yang berada di Majalengka," ujar Kepala BTNGC, Teguh Setiawan, dikutip dari Antara, Jumat (26/8/2022).

Baca juga:

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya jalur baru ini merupakan jalur ilegal karena belum ada pos dan pengawasan, namun sudah dilalui oleh pendaki.

"Jalur pendakian baru sebelumnya selalu dijadikan jalur ilegal oleh para pendaki, yaitu Jalur Sadarehe. Untuk meminimalkan tingkat kecelakaan akibat pendakian ilegal, maka kelompok masyarakat Desa Payung, Kecamatan Raja Galuh, Kabupaten Majalengka, mengajukan pengelolaan wisata pendakian di jalur Sadarehe," terangnya.

Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung Ciremai via Jalur Linggarjati

Menikmati suasana senja di kota Cirebon, tampak Gunung Ciremai dari kejauhanShutterstock/Akhmad Dody Firmansyah Menikmati suasana senja di kota Cirebon, tampak Gunung Ciremai dari kejauhan

Jalur baru ini, menurutnya, memiliki padang rumput yang luas serta menawarkan panorama matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). 

Teguh mengatakan bahwa pihaknya menjadikan jalur ini jalur premium karena alamnya yang indah. 

Baca juga: Terpikat Pesona Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Untuk diketahui, tiga jalur pendakian Gunung Ciremai berlokasi di Kabupaten Kuningan, yakni jalur Linggajati, jalur Linggasana, dan jalur Palutungan. Selanjutnya sisanya ada di Kabupaten Majalengka, yakni jalur Apuy dan jalur Trisakti Sadarehe. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com