Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delegasi G20 Berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran di Bali

Kompas.com - 27/08/2022, 13:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Delegasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan Negara-negara G20 mengunjungi Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali, pada Jumat (26/8/2022). Salah satu tujuannya adalah mengetahui adat desa yang unik, yakni pelarangan poligami.

"Desa Wisata Penglipuran memiliki kearifan lokal yang sangat unik yaitu karang memadu, yang dibuat dalam awig-awig desa adat, di mana di Desa Wisata Penglipuran tidak diperbolehkan untuk berpoligami," terang Bupati Bali Sang Nyoman Sedana Arta, dikutip dari Antara, Sabtu (27/8/2022).

Baca juga:

Ia melanjutkan bahwa penduduk yang berpoligami akan dijatuhi sanksi adat berupa tinggal di sebuah tempat khusus bernama karang memadu. 

"Hal ini merupakan bentuk perlindungan terhadap perempuan," tambahnya.

Baca juga: Mengintip Pesona Desa Penglipuran di Bali, Desa Terbersih Ketiga di Dunia

Bupati Bangli Sang Nyoma Sedana Arta sedang berbicara dengan delegasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan Negara-negara G20 di Bali, Jumat (26/8/2022).Dok. Antara Bupati Bangli Sang Nyoma Sedana Arta sedang berbicara dengan delegasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan Negara-negara G20 di Bali, Jumat (26/8/2022).

Adapun para delegasi Ministerial Conference on Women's Empowerment (MCWE) ini juga mengunjungi perumahan warga di desa tersebut, dengan dipandu oleh pemandu setempat.

Mereka, kata Sedana Arta, meninjau tempat-tempat wisata di Bali yang nantinya akan dipromosikan saat perhelatan G20 di Nusa Dua pada bulan Oktober 2022.

Ia berharap para delegasi G20 tersebut mendapat pengalaman berharga, bahwa salah satu upaya pemberdayaan perempuan dapat dilakukan melalui pengembangan desa wisata.

Baca juga:

Untuk diketahui, Desa Wisata Penglipuran berjarak 55 kilometer dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dengan durasi berkendara hingga hampir dua jam.

Desa wisata, yang kini menerapkan e-ticket untuk pengunjung, ini masuk kategori Desa Wisata Mandiri Inspiratif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Penglipuran, Desa Wisata Bali dengan Sederet Penghargaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com