Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com – Keindahan alam Indonesia tidak hanya tersaji di daratan saja. Alam bawah lautnya pun begitu indah.

Ada banyak tempat di Indonesia yang menyuguhkan indahnya pesona alam bawah laut, salah satunya adalah Pulau Pahawang di Lampung.

Alam bawah laut Pulau Pahawang memang sangat menawan. Tidak sedikit wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang ingin menjajal atraksi yang ditawarkan.

Baca juga: Menengok Kemandirian Perempuan di Desa Wisata Pulau Pahawang

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti snorkling, diving, jelajah hutan bakau, penanaman terumbu karang, dan berkemah.

Adapun Desa Wisata Pulau Pahawang berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Desa wisata ini merupakan kepulauan yang terdiri dari 6 dusun.

Pulau Pahawang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat selama satu jam dari pusat kota Lampung ke Pelabuhan Ketapang, kemudian dilanjutkan naik speed boat menuju desa selama 30 menit.

Kekayaan pariwisata Pulau Pahawang

Dikutip dari rilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Minggu (28/8/2022), wisatawan yang tertarik mengunjungi Pulau Pahawang dapat mengakses media sosial instagram di @desawisatapulaupahawang.

Wisatawan bisa menginap di homestay. Terdapat 42 homestay dengan berbagai arsitektur rumah panggung khas masyarakat Lampung.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Berlibur di Pahawang?

Saat berkunjung, wisatawan bisa membeli suvenir khas, di antaranya adalah miniatur kapal dan kerajinan bambu.

Kerajinan miniatur kapal di Pulau Pahawang.Dok. Kemenparekraf Kerajinan miniatur kapal di Pulau Pahawang.

Selain itu, desa wisata ini juga punya kesenian tradisional yang masih tetap dilestarikan, salah satunya adalah tari siger pengunten (tari penyambutan).

Ada pula event tahunan, yakni Pahawang Culture Festival 2022 yang langsung dibuka Menparekraf Sandiaga Uno pada Sabtu (27/8/2022).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Kunjungan itu juga Sandiaga lakukan dalam rangka visitasi 50 besar desa wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"ADWI ini kita rancang untuk memberikan apresiasi, menganugrahi, dan juga menjadi inspirasi karena desa wisata tahun lalu menjadi pandemic winner, karena meningkatnya kunjungan 30 persen berdasarkan big data kita," tutur Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+