Kompas.com - 29/08/2022, 17:23 WIB

KOMPAS.com - Harga tiket pesawat direncakan bakal turun 15 persen dalam waktu dekat.

Hal ini merupakan salah satu upaya Kementerian Perhubungan untuk menstabilkan harga tiket pesawat di tengah harga avtur di dunia yang tengah naik.

Untuk diketahui, seperti dikutip dari Kompas.com, (25/08/2022), penurunan harga tiket rencananya dilakukan pada waktu dan rute tertentu untuk menjamin tingkat keterisian kuota pesawat agar bisa lebih dari 60 persen.

Baca juga: Upaya Pemerintah Atasi Kenaikan Harga Tiket Pesawat, Terapkan Diskon hingga Block Seat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengapresiasi langkah Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN, serta para pemangku kepentingan lain yang terkait.

"Dalam waktu yang cukup singkat adanya penurunan harga tiket pesawat sangat diapresiasi oleh masyarakat," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (29/08/2022).

Dengan begitu, lanjut Sandiaga, maskapai diharapkan bisa terus menambah armada, baik maskapai dalam negeri maupun internasional. Sehingga, harga tiket pesawat ke depannya akan lebih stabil dan semakin terjangkau.

Di samping itu, seiring dengan rencana harga tiket pesawat yang akan turun, pemerintah juga mendorong maskapai untuk melakukan penambahan rute-rute penerbangan baru.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Wisatawan Bisa ke Bali Naik Transportasi Darat

Sebab, dampak dari kenaikan harga tiket pesawat berimbas pada banyak hal yang mengakibatkan sektor pariwisata tanah air menjadi lesu.

Misalnya, mengakibatkan penurunan jumlah penerbangan atau justru rute penerbangan menjadi tidak aktif untuk sementara.

"Kenaikan harga tiket pesawat dalam waktu yang lama ini kan berpotensi untuk menurunkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata dan ini patut kita hindari," ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga: 7 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah, Cari Waktu yang Tepat untuk Memesan

Sandiaga pun berharap momentum ini bisa dijaga demi kelangsungan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.