Kompas.com - 29/08/2022, 19:08 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah berupaya membuka jalur penerbangan internasional langsung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pihaknya telah menjajaki kemungkinan penerbangan langsung ke Labuan Bajo bersama beberapa maskapai, seperti AirAsia dan Jetstar.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk membuka jalur penerbangan langsung yang bisa untuk penerbangan internasional dan sudah ada minat, salah satunya dari AirAsia dan mungkin Jetstar yang akan kami kembangkan ke depan," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara online, Senin (29/08/2022).

Baca juga: 4 Fakta Bandara Komodo di Labuan Bajo yang Baru Diresmikan Jokowi

Adapun saat ini, maskapai yang memiliki penerbangan langsung ke Labuan Bajo hanyalah Lion Group dan Garuda Group.

Sementara wisatawan mancanegara harus transit terlebih dahulu di kota lain, sebelum menuju ke Labuan Bajo.

Jika berangkat dari Singapura, misalnya, bahkan ada kemungkinan wisatawan harus transit dua kali sebelum terbang ke Labuan Bajo.

Sandiaga menambahkan, perkembangkan pariwisata, termasuk akses wisatawan, akan terus diupayakan mengingat Labuan Bajo adalah satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

Baca juga: Taman Laut 17 Pulau Riung, Tempat Alternatif Lihat Komodo yang Murah

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga juga mengingatkan bahwa Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo setelah dilakukan revitalisasi. Saat ini, bandara tersebut dapat digunakan secara reguler dan menampung hingga 1,1 juta penumpang.

Diharapkan kehadiran Bandara Internasional Komodo dan penambahan kapasitasnya dapat membantu meningkatkan perekonomian di Labuan Bajo. 

"Sudah digunakan secara reguler dan penambahan kapasitas bisa menampung 1,1 juta penumpang," jelas Sandiaga.

Baca juga: Tarif Pulau Komodo Naik, Ini 5 Pilihan Wisata di Labuan Bajo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.