Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Malam Sekaten Yogyakarta 2022 Tak Lagi Digelar di Alun-alun

Kompas.com - 29/08/2022, 20:17 WIB
Viona Pricilla,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar Malam Sekaten Yogyakarta kembali digelar selama satu bulan penuh, selama 16 September-16 Oktober 2022.

Jika biasanya diselenggarakan di Alun-alun Yogyakarta, kali ini Pasar Malam Sekaten 2022 digelar di bekas Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Kerjasama di Jalan Parangtritis, Yogyakarta.

Sementara alun-alun hanya digunakan untuk upacara Sekaten saja.

"Untuk di Yogyakarta itu, kami adakan di tempat lain pasar malamnya, enggak lagi di alun-alun. Untuk yang di alun-alun itu hanya digunakan untuk upacara Sekatennya saja," kata Carik Kawedanan Radya Kartiyasa Keraton Yogyakarta, Siti Amirul Nur Sundari kepada Kompas.com, Senin (29/08/2022). 

Baca juga: Dua Tahun Absen, Sekaten Solo Digelar Lagi 16 September 2022

Dikutip dari situs Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, sekaten adalah upacara tradisional yang diselenggarakan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Upacara ini biasanya dilakukan setahun sekali, setiap tanggal 5-11 Rabi'ul Awal, atau dalam kalender Jawa disebut bulan Mulud.

Upacara akan ditutup dengan penyelenggaraan upacara Grebeg Mulud.

Salah satu kegiatan dalam rangkaian Sekaten adalah pasar malam, yang digelar sebagai pelengkap atau pemeriah upacara yang biasa berlangsung selama satu minggu penuh itu.

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Karena pasar malam dinilai bukan bagian dari upacara Sekaten, maka tidak lagi diselenggarakan di Alun-alun Utara Yogyakarta lagi.

"(Pasar malamnya) bukan jadi bagian dari sekaten itu sendiri, makanya sekarang (lokasinya) dipindahkan ke bekas Sekolah Tinggi Ekonomi di daerah Parangtritis," jelas Amirul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com