Kompas.com - 30/08/2022, 06:37 WIB

KOMPAS.com - Tak semua tempat wisata bisa dikunjungi bersama hewan peliharaan. Sebelum mampir, kita harus memastikan tempat yang akan dikunjungi ramah terhadap hewan peliharaan.

Kompas.com menyusun sejumlah rekomendasi tempat wisata ramah hewan di Bandung. Beberapa di antaranya merupakan rekomendasi akun-akun Instagram penyedia informasi tempat ramah hewan peliharaan.

Baca juga: 30 Wisata Bandung untuk Libur Panjang, Banyak Tempat Asri Bernuansa Alam

Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah melakukan riset tempat terlebih dahulu sebelum mampir, misalnya melalui internet atau media sosial. Kemudian, menghubungi tempat tersebut untuk memastikannya.

"Kami DM (direct message) atau kontak WA tempat wisata tersebut, tanya dulu apakah tempatnya boleh bawa pet atau tidak," ujar Juliana, pengelola akun Instagram @aaron.tesla.thepoodles kepada Kompas.com, Jumat (26/08/2022).

Jika memperbolehkan bawa hewan, tempat yang bersangkutan biasanya akan memberi informasi tambahan, seperti anjing harus dipakaikan leash dan pemilik wajib membersihkan kotoran hewan peliharaannya.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Bandung Selatan, Bisa Kemah di Alam Terbuka

Berikut beberapa kafe atau tempat wisata ramah hewan peliharaan di Bandung yang bisa menjadi pilihan.

Tempat wisata ramah hewan peliharaan di Bandung

1. Orchid Forest Cikole

Area khusus peliharaan di Orchid Forest Cikole, salah satu tempat wisata ramah hewan peliharaan di Bandung.INSTAGRAM @aaron.tesla.thepoodles Area khusus peliharaan di Orchid Forest Cikole, salah satu tempat wisata ramah hewan peliharaan di Bandung.

Destinasi yang berlokasi di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini bisa jadi salah pilihan untuk menghabiskan momen berharga bareng hewan peliharaan tercinta.

Orchid Forest Cikole juga menyediakan area khusus sehingga hewan peliharaan bebas beraktivitas.

"Di Orchid Forest Cikole ada tempat khusus buat pet (ada tiga check point) yang dipagari. Jadi pet boleh bebas lari-lari, bisa di off-leash di tempat tersebut," ucap Juliana.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole Lembang dan Jam Buka

Paket Pet Venture yang ditawarkan Orchid Forest Cikole dibanderol Rp 75.000 untuk satu hewan peliharaan dan pemiliknya. Jika pemilik datang berdua, dikenakan biaya tambahan Rp 40.000.

Sementara jika satu pemilik datang bersama dua hewan peliharaan dikenai biaya Rp 150.000.

Tarif sudah termasuk tiket masuk dan kantong kotoran.

2. Ruang Lapang

Ruang Lapang, salah satu tempat wisata ramah hewan peliharaan di Bandung.DOK. Instagram.com/ruanglapang Ruang Lapang, salah satu tempat wisata ramah hewan peliharaan di Bandung.

Ruang Lapang juga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata ramah hewan peliharaan di Bandung, menurut akun kurator tempat ramah hewan @petfriendlyid, seperti telah dikonfirmasi Kompas.com.

Lokasinya ada di kawasan Greenforest Resort, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Dikutip dari Kompas.com, (27/11/2021), destinasi ini memiliki konsep luar ruang (outdoor) yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sejumlah aktivitas atau sekadar menikmati sejuknya udara.

Baca juga: 4 Tips Kunjungi Ruang Lapang di Bandung Barat, Waktu Terbaik dan Menu Andalan

Tak ada syarat khusus untuk membawa hewan peliharaan. Namun, karena tidak ada area khusus bagi hewan peliharaan, pastikan kamu menjaga agar tidak mengganggu orang lain, ya.

Jika mengajak anjing, misalnya, pastikan anjing memakai leash dan membawa kantong kotoran agar tak mengotori tempat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.