Kompas.com - 31/08/2022, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Jika sedang pelesir ke Pulau Dewata, mengunjungi tempat melihat sunrise di Bali bisa menjadi pilihan menarik.

Selain mengagumi keindahannya, kita juga bisa menikmati suasana di sekitar tempat yang kita kunjungi.

Salah satu tempat populer melihat sunrise alias matahari terbit di Bali adalah Gunung Batur, di mana pemandangan menakjubkan tersebut akan berpadu dengan awan yang bergelung di pagi hari.

Baca juga: Main ke Desa Coklat Bali, Belajar Olah Kakao hingga Bawa Pulang Hasil

Beberapa pantai juga cocok didatangi untuk melihat sunrise, seperti Sanur dan Lovina.

Ada banyak tempat melihat sunrise di Bali yang bisa kamu kunjungi. Namun, setidaknya ada lima tempat populer yang wajib masuk bucketlist-mu.

Tempat melihat sunrise di Bali

1. Sanur

Menjelang sunrise di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018). Sanur bisa menjadi salah satu pilihan tempat melihat sunrise di Bali.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Menjelang sunrise di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Jumat (28/9/2018). Sanur bisa menjadi salah satu pilihan tempat melihat sunrise di Bali.

Kawasan Pantai Sanur memang cocok untuk berburu sunrise karena lokasinya yang menghadap ke arah timur.

Selain itu, kawasan ini juga relatif terjangkau dari kota.

Dikutip dari Kompas.com (01/10/2018), pada pagi hari, air pantai juga sangat surut, bahkan sering kali karang-karang dan rumput laut bisa terlihat mata karena berada di permukaan laut.

Baca juga: 25 Wisata Bali yang Populer dan Unik, Pas buat Libur Panjang

Dengan begitu, wisatawan yang datang untuk melihat sunrise bisa dengan nyaman mengambil tempat di pinggir pantai dan memotret dengan nyaman.

Di beberapa lokasi juga terdapat dermaga kecil dari semen dan batu yang bisa dimanfaatkan.

2. Pantai Lovina

Ilustrasi wisatawan di Pantai Lovina. Pantai Lovina bisa menjadi salah satu pilihan tempat melihat sunrise di Bali.UNSPLASH/Pascal Müller Ilustrasi wisatawan di Pantai Lovina. Pantai Lovina bisa menjadi salah satu pilihan tempat melihat sunrise di Bali.

Pantai Lovina di Buleleng, Bali Utara, juga bisa menjadi pilihan tempat melihat sunrise di Bali.

Menariknya, wisatawan yang datang ke sini berkesempatan menyaksikan momen-momen matahari terbit sambil ditemani lumba-lumba yang naik ke permukaan.

Atraksi lumba-lumba di tempat ini sangat populer. Sampai-sampai kawasan tersebut punya sebutan "Dolphin Beach" alias pantai lumba-lumba.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Bali, Cocok untuk Libur Panjang 

Dikutip dari Kompas.com (21/07/2013), jika ingin menyaksikan matahari terbit sambil melihat lumba-lumba di laut lepas, kita perlu menyewa perahu dengan tarif sekitar Rp 70.000.

Agar bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba di laut lepas, perlu waktu sekitar dua jam mulai pukul 06.00-08.00. Sebab, lumba-lumba akan meninggalkan lokasi jika hari sudah terlalu terang.

3. Gunung Batur

Ilustrasi sunrise atau matahari terbit dari Gunung Batur, Bali. Gunung Batur bisa menjadi salah satu pilihan tempat melihat sunrise di Bali.UNSPLASH/Esse Chua Ilustrasi sunrise atau matahari terbit dari Gunung Batur, Bali. Gunung Batur bisa menjadi salah satu pilihan tempat melihat sunrise di Bali.

Pemandangan sunrise di Gunung Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli sudah populer di mata dunia. Bahkan, dikutip dari Kompas.com (11/03/2022), Gunung Batur masuk dalam daftar tempat terbaik di dunia untuk melihat sunrise versi mornings.co.uk, sebuah situs seputar tidur asal Inggris.

Gunung ini menawarkan panorama sunrise di atas awan. Untuk mendapatkannya, para wisatawan harus melakukan pendakian terlebih dahulu.

Baca juga: Bali Akan Miliki Theme Park Internasional Seluas 57 Hektar

Dari puncaknya, wisatawan bisa sekaligus menyaksikan pemandangan Danau Batur dan Gunung Agung di sisi timurnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.