Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Dekat Goa Pindul Gunungkidul, Cocok buat Pencinta Alam

Kompas.com - 31/08/2022, 17:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Goa Pindul merupakan salah satu wisata alam yang cukup hits di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lokasinya di Dusun Gelaran II, RT/RW 003/016, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kawasan Goa Pindul ini ada beberapa wisata susur gua, pakai ban yaitu river tubing, pakai perahu (boat), jalan kaki juga ada. Bisa pilih satu atau paketan," ujar seorang pemandu dari Wirawisata Goa Pindul, Sugito, kepada Kompas.com, Jumat (20/8/2022). 

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Di sekitarnya, ada beberapa wisata alam yang cukup dekat serta tidak kalah menarik dari Goa Pindul. Beberapa didominasi oleh obyek wisata gua, meski ada juga air terjun dan gunung api purba

Jika berangkat menuju wisata Goa Pindul dari pagi, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya dalam satu hari, hingga menjelang malam.

Baca juga:

Harap diingat, untuk obyek di bawah ini, tidak semuanya termasuk dalam paket wisata yang di-bundling. Hal ini karena beberapa di antaranya sudah berjarak di atas 10 kilometer (km) dari Goa Pindul, dan sudah tidak di dalam satu kawasan.  

Jika berencana berkunjung, ketahui dulu beberapa tempat wisata alam terdekat dari Goa Pindul berikut ini. 

1. Wisata Sungai Oyo

River tubing Sungai Oyo, atraksi yang berdekatan dengan susur Goa Pindul di GunungkidulDok. Wirawisata Goa Pindul River tubing Sungai Oyo, atraksi yang berdekatan dengan susur Goa Pindul di Gunungkidul

Setelah berwisata dari Goa Pindul, wisatawan bisa melanjutkan petualangan ke obyek wisata ini.

Berjarak sekitar saru kilometer, wisata Sungai Oyo hampir mirip dengan susur Goa Pindul, namun Sungai Oyo lebih menyatu ke alam terbuka dan wisatawan bisa lebih berpetualang.

Wisatawan bisa menikmati keindahan aliran Sungai Oyo dengan menggunakan ban dalam, sama halnya dengan di Goa Pindul. 

Baca juga: 7 Aktivitas Wisata di Kawasan Goa Pindul, Susur Goa sampai Off-road

Di sepanjang aliran sungai, terdapat tebing-tebing yang indah dan alami khas batuan karst Gunungkidul. Selain itu, wisatawan juga dapat menjumpai air terjun yang indah, bernama Air Terjun Pengantin

Kedalaman Sungai Oyo adalah tujuh hingga 11 meter dengan panjang 1.500 meter, sehingga membutuhkan waktu satu hingga dua jam untuk diarungi. 

2. Goa Gelatik

Suasana mulut Gua Gelatik Lorong Sewu yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata minat khusus di Gunungkidul.Tribun Jogja/Kurniatul Hidayah Suasana mulut Gua Gelatik Lorong Sewu yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata minat khusus di Gunungkidul.

Goa Gelatik Lorong Sewu merupakan obyek wisata minat khusus yang ditemukan sejak 2014 lalu. Jaraknya hanya 1,4 kilometer dari Goa Pindul atau sekitar empat menit naik kendaraan. 

Terkait nama Goa Gelatik Lorong Sewu, sesepuh setempat menjelaskan bahwa dulunya ada banyak burung gelatik di sekitar gua. Setelah masyarakat berhasil menemukan gua dan menyusurinya, ternyata ada banyak lorong, sehingga akhirnya dinamakan Goa Gelatik Lorong Sewu.

Meski gua ini kering, seorang pemandu bernama Marsono mengatakan bahwa tingkat kesulitan susur gua terbagi menjadi sedang dan sangat menantang, dikutip dari Kompas.com, Kamis (13/10/2016) 

Hal ini karena gua tersebut memiliki jalur horizontal dan juga vertikal hingga tujuh susun, sehingga perlu pendampingan pemandu saat melakukan susur gua. 

Marsono menambahkan, pada lantai paling dasar bisa ditemukan sungai bawah tanah dan habitat ikan naga jawa atau moa. 

Wisatawan biasanya dibagi dalam satu kelompok berisi 10-15 orang, termasuk dengan pemandu, karena sirkulasi udara yang minim. Durasi perjalanan di dalam goa hingga keluar adalah 1,5 jam.

Baca juga: Ini Goa Gelatik Lorong Sewu, Goa Tujuh Susun di Gunungkidul

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com