Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Tepus Gunungkidul Diharapkan Jadi Desa Wisata Kelas Dunia

Kompas.com - 31/08/2022, 18:11 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bertempat di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Desa Wisata Tepus masuk daftar 50 desa wisata terbaik berdasarkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa ini diharapkan jadi desa wisata kelas dunia.

"Di balik keindahan alam, budayanya, jadi ini konsep paket komplit nature (alam) and culture (budaya) dan ada produk ekonomi kreatif unggulan. Juga sudah terbangun ekosistem dari segi homestay," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, saat ditemui kawasan Pantai Pulang Sawal, Tepus, Rabu (31/8/2022).

Baca juga:

Ia melanjutkan bahwa Tepus memiliki fasilitas yang lengkap, ditambah dengan berbagai produk ekonomi kreatif (ekraf) buatan masyarakat setempat.

Adapun desa wisata dinilai bisa menjadi pendongkrak kesejahteraan masyarakat di Gunungkidul. Salah satunya dengan menyediakan peluang lapangan kerja yang lebih luas.

Secara nasional diharapkan desa wisata dan pelaku usaha bisa membuka lapangan pekerjaan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Gunungkidul Terbaru, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

"Jadi saya lihat 1,1 juta lapangan kerja ini sangat potensial jika dibangun di daerah wisata dan juga memperkuat UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Bupati Gunungkidul tadi juga cerita ingin mengembangkan pertanian, peternakan dan UMKM," ujarnya. 

"Pagi tadi sudah sepakat kalau UMKM yang ada di tempat wisata dan sentra ekraf dibantu, ditingkatkan dengan kurasi dan pelatihan hingga pemasarannya," imbuhnya.

Baca juga: Desa Wisata Gunungkidul Gelar 12 Pasar Kuliner Ramadhan

Ia berharap bantuan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta prestasi yang diraih oleh desa wisata ini bisa lebih meningkat ke depannya, sehingga menjadi desa wisata kelas dunia dengan keunikan dan keistimewaannya.

"Tepus bisa menyusul Nglanggeran dari Gunungkidul yang sebelumnya sudah menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik di Dunia," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta berharap predikat sebagai bagian dari 50 desa wisata terbaik bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Kalurahan Tepus.

"Kunjungan ini semoga memberi dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di Gunungkidul," kata dia.

Baca juga: 7 Wisata Dekat Goa Pindul Gunungkidul, Cocok buat Pencinta Alam

Dalam kesempatan kunjungan hari ini, Sandiaga juga melihat patung dirinya duduk di kursi panjang. 

"Itu baru konsepnya. Sedang dibuat dan nantinya akan diletakkan di Desa Wisata Tepus," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul M. Arif Aldian.

Baca juga: Hotel Santika Hadir di Gunungkidul Yogyakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com