Kompas.com - 31/08/2022, 18:40 WIB

KOMPAS.com - Pertandingan pacuan kuda menjadi salah satu keunggulan wisata Kabupaten Garut, di samping daya tarik wisata lain yang sudah ada.

Dikutip dari Antara, kegiatan ini dinilai dapat membantu membangkitkan ekonomi masyarakat Garut, khususnya di Desa Cimaragas yang menggelar pertandingan pacuan kuda pada Minggu (28/08/2022).

"Alhamdulillah dengan adanya pacuan kuda ini melengkapi, bahkan menjadi satu keunggulan Kabupaten Garut sebagai kabupaten wisata. Salah satunya kita bisa mendapatkan hiburan di tempat wisata ini di Cimaragas," ujar Wakil Bupati Garut Helmi Budiman usai pertandingan pacuan kuda di Lapang Sentra Bhakti Cihuni, Kabupaten Garut, Minggu.

Baca juga: 20 Wisata Garut yang Wajib Dikunjungi, Banyak Tempat Seru dan Indah

Helmi menambahkan, dengan adanya pertandingan pacuan kuda, masyarakat sekitar bisa menjual atau membuka usaha kuliner untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

"Paling tidak masyarakat di Desa Cimaragas bisa berjualan, bisa mendapatkan dampak ekonomi daripada kegiatan pacuan kuda ini," tuturnya.

Helmi mengimbau masyarakat bisa ikut serta menjaga ketertiban, kenyamanan, dan keamanan dalam menyelenggarakan pacuan kuda. Sehingga, kegiatan serupa akan terus diselenggarakan dan memberikan keuntungan bersama.

Adapun Pacuan kuda dapat menjadi tempat untuk menunjukkan kemampuan diri dalam olahraga pacuan kuda di Desa Cimaragas yang hanya satu-satunya di Garut.

"Ini juga merupakan bentuk hiburan kepada masyarakat terutama pencinta olahraga balap kuda, termasuk pencinta kuda juga, ya," ucap dia.

Baca juga: 10 Wisata Garut Cocok buat Keluarga, Ada Wahana Air Seru

Adapun Cimaragas berlokasi di Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut. Jaraknya 14,3 kilometer atau sekitar 39 menit berkendara dari pusat Kota Garut.

Beberapa destinasi yang ada di sekitarnya seperti Wisata Binar Alam View, Alun-alun Wanaraja, Kolam Renang Layung Sari, Sawah Lega Hegar Resto, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.