Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Pembukaan TMII Diadakan Oktober 2022, Harga Tiket Tak Berubah

Kompas.com - 31/08/2022, 19:09 WIB
Viona Pricilla,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Uji coba pembukaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, untuk masyarakat rencananya akan dilakukan pada Oktober-Desember 2022. Saat ini proses revitalisasi tempat wisata itu masih berlangsung, meliputi beberapa anjungan dan museum.

"Kita merencanakan di bulan Oktober ini, akan diadakan uji coba operasional untuk wisatawan," kata Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eny Utami, kepada Kompas.com, Rabu (31/08/2022).

Baca juga:

"Kita baru akan running full opening-nya (pembukaan sepenuhnya) itu di 1 Januari 2023," imbuhnya.

Uji coba ini mempertimbangkan beragam kebaruan yang akan dihadirkan di TMII setelah revitalisasi selesai. Kebaruan ini mulai dari renovasi di setiap anjungan, museum-museum, sistem parkir mobil, hingga sistem ticketing.

Baca juga: Sandiaga Uno: TMII Sedang Ditata Ulang untuk Hadirkan Wajah Baru

Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah sedang antre di loket Taman Legenda Keong Mas pada hari pertama Idul Fitri, Senin (2/5/2022).KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah sedang antre di loket Taman Legenda Keong Mas pada hari pertama Idul Fitri, Senin (2/5/2022).

Pada uji coba nanti, ticketing alias pembelian tiket masuk akan dilakukan secara online. Namun, tidak menutup kemungkinan dalam masa uji coba ini tiket masuk bisa dibeli langsung di tempat.

"Dalam masa transisi ini, kita ticketing masih 80 persen secara online, yang on-site nanti masih ada 20 persen. Itu hanya sampai bulan Desember," jelas Emilia.

Soal harga tiket masuk, ia mengatakan bahwa tidak ada perubahan.

"(Harga) tiketnya masih Rp 25.000," ujarnya.

Baca juga:

Revitalisasi TMII untuk mendukung G20

Untuk diketahui, revitalisasi di TMII ini mengacu terhadap Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

"Di dalam Perpres itu sendiri, dilakukan revitalisasi salah satunya adalah untuk mendukung kegiatan side event presidensi G20. Jadi, semua ini, sarana ini, dikhususkan untuk arahnya ke sana (mendukung presidensi G20)," jelas Emilia.

Ia menambahkan, per tanggal 26 Agustus 2022 lalu, sudah diadakan side event G20 di area Plaza Keong Emas.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Jakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com