Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2022, 19:09 WIB

KOMPAS.com - Uji coba pembukaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, untuk masyarakat rencananya akan dilakukan pada Oktober-Desember 2022. Saat ini proses revitalisasi tempat wisata itu masih berlangsung, meliputi beberapa anjungan dan museum.

"Kita merencanakan di bulan Oktober ini, akan diadakan uji coba operasional untuk wisatawan," kata Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eny Utami, kepada Kompas.com, Rabu (31/08/2022).

Baca juga:

"Kita baru akan running full opening-nya (pembukaan sepenuhnya) itu di 1 Januari 2023," imbuhnya.

Uji coba ini mempertimbangkan beragam kebaruan yang akan dihadirkan di TMII setelah revitalisasi selesai. Kebaruan ini mulai dari renovasi di setiap anjungan, museum-museum, sistem parkir mobil, hingga sistem ticketing.

Baca juga: Sandiaga Uno: TMII Sedang Ditata Ulang untuk Hadirkan Wajah Baru

Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah sedang antre di loket Taman Legenda Keong Mas pada hari pertama Idul Fitri, Senin (2/5/2022).KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah sedang antre di loket Taman Legenda Keong Mas pada hari pertama Idul Fitri, Senin (2/5/2022).

Pada uji coba nanti, ticketing alias pembelian tiket masuk akan dilakukan secara online. Namun, tidak menutup kemungkinan dalam masa uji coba ini tiket masuk bisa dibeli langsung di tempat.

"Dalam masa transisi ini, kita ticketing masih 80 persen secara online, yang on-site nanti masih ada 20 persen. Itu hanya sampai bulan Desember," jelas Emilia.

Soal harga tiket masuk, ia mengatakan bahwa tidak ada perubahan.

"(Harga) tiketnya masih Rp 25.000," ujarnya.

Baca juga:

Revitalisasi TMII untuk mendukung G20

Untuk diketahui, revitalisasi di TMII ini mengacu terhadap Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

"Di dalam Perpres itu sendiri, dilakukan revitalisasi salah satunya adalah untuk mendukung kegiatan side event presidensi G20. Jadi, semua ini, sarana ini, dikhususkan untuk arahnya ke sana (mendukung presidensi G20)," jelas Emilia.

Ia menambahkan, per tanggal 26 Agustus 2022 lalu, sudah diadakan side event G20 di area Plaza Keong Emas.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Jakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+